Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 5 Jan 2024 15:07 WIB

Harga Cabai Merah Anjlok Di Bawah Harga Keekonomian, Petani Dipastikan Merugi


					Harga Cabai Merah Anjlok Di Bawah Harga Keekonomian, Petani Dipastikan Merugi Perbesar

Medankinian.com, Medan – Harga cabai merah berdasarkan pemantauan PIHPS di kota medan ditransaksikan dalam rentang 25 hingga 30 ribu per Kg. Dan dari hasil pemantauan di pinggiran luar kota medan harga cabai merah ada yang dijual di harga 23 ribu per Kg. Padahal saya menghitung harga keekonomian cabai merah itu ada dikisaran 27 hingga 33 ribu di level pengecer.

Dengan penurunan harga seperti yang terjadi sekarang ini, maka harga cabai merah sudah di bawah angka keekonomiannya. Jelas penurunan tersebut merugikan petani cabai. Untuk HPP sendiri setelah ditambah margin dan upah tenaga kerja, harga cabai di tingkat petani itu seharusnya tidak lebih rendah dari 15.500 ribu per Kg. Namun yang terjadi adalah harga cabai merah mengalami penurunan di level 13 hingga 15 ribu per Kg sejauh ini.

Panen cabai diproyeksikan akan terjadi hingga Ramadhan dan Idul Fitri nantinya. Sehingga harga cabai besar kemungkinan sulit untuk berada dalam rentang 30 hingga 35 ribu per Kg nya. Indeks produksi di bulan januari dan februari sebenarnya berpeluang untuk berada di atas level 100. Namun dikarenakan sejumlah petani justru mengurangi luas areal tanamannya, maka produksi besar yang diharapkan jelang Ramadhan dan Idul Fitri nanti kemungkinan tidak terjadi.

Hal ini dikarenakan gangguan finansial pada petani cabai merah yang mengeluhkan tingginya biaya agro input, ditambah dengan hasil jual cabai yang tidak mampu mengcover sepenuhnya semua pengeluaran petani. Dan apa yang terjadi pada petani tersebut, juga linier dengan besaran NTP petani tanaman hortikultura yang indeksnya juga di bawah 100.

Hanya saja belum bisa disimpulkan apakah lemahnya indeks produksi tersebut akan lantas membuat harga cabai mahal di Sumut nantinya. Dikarenakan cabai merah juga kerap didatangkan dari luar wilayah Sumut. Terlebih el nino yang mulai berakhir seharusnya mendorong petani cabai merah di wilayah lain untuk kembali bercocok tanam.

Berbeda dengan cabai merah, harga cabai rawit justru masih mampu bertahan di atas 40 ribu per Kg nya. Harga cabai rawit ditransaksikan diatas 40 ribu per Kg. Bahkan di sejumlah pedagang di wilayah deli serdang ada yang menjual hingga 50 ribu per Kg nya. Mahalnya harga cabai rawit di Sumut memicu masuknya cabai rawit dari luar Sumut khususnya dari pulau jawa.

Demikian menurut analisis Pengamat Ekonomi Kota Medan Benjamin Gunawan. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tensi Politik AS Memanas, Picu Pelemahan Rupiah Dan IHSG

23 Oktober 2024 - 19:37 WIB

Putusan KPPU Terkait Penetapan Harga Pada Penyediaan Jasa Depo Peti Kemas di Pelabuhan Panjang Lampung Berkekuatan Hukum Tetap

21 Oktober 2024 - 20:28 WIB

Swasembada Pangan Harus Libatkan Banyak Petani

21 Oktober 2024 - 10:27 WIB

Pasca Pengumuman Kabinet, IHSG Dan Rupiah Bergerak Mendatar

21 Oktober 2024 - 09:32 WIB

Jelang Keputusan BI Rate, Rupiah Dan IHSG Beda Arah

15 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Tersengat Sentimen Negatif Eksternal, IHSG Ditutup Melemah

9 Oktober 2024 - 16:04 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis