Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 15 Des 2023 20:16 WIB

KPPU Kanwil I : Harga dan Pasokan Masih Aman Jelang Nataru 2023


					KPPU Kanwil I : Harga dan Pasokan Masih Aman Jelang Nataru 2023 Perbesar

Medankinian.com, Medan – Dalam rangka mengantisipasi terjadinya gejolak harga dan kelangkaan barang kebutuhan pokok di wilayah Sumatera Utara, KPPU Kanwil I beserta Satgas Pangan Bareskrim Polri melakukan sidak pasar di beberapa titik lokasi pasar dan produsen serta Perum Bulog Sumatera Utara. Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri yakni Kombes Ahmad Yanuar Insan, Kepala Bidang Kajian dan Advokasi, Shobi Kurnia, perwakilan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Prov. Sumut, perwakilan Bank Indonesia Prov. Sumut, perwakilan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Prov. Sumut, Kepala Bulog Divre Sumut, Kepala BPOM Sumut dan perwakilan Biro Perekonomian Prov. Sumut.

Kegiatan sidak pasar ini dilakukan dua hari, pada tanggal 13 dan 14 Desember 2023. Di hari pertama, tim satgas pangan melakukan sidak ketersediaan stok minyak goreng di salah satu produsen yakni PT Permata Hijau Palm Oleo (PT PHPO) yang berada di Belawan, Medan. Dari hasil pantauan tim, untuk ketersediaan minyak goreng masih stabil dan dapat memenuhi kebutuhan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru 2024.

Sebagai informasi tambahan, dalam hal produksi minyak goreng, PT PHPO diberi mandat dari Kemendag di tahun 2023 sebesar 1.100 ton per bulan, dan per Desember 2023 telah mencapai sekitar 130% dari total penugasan. Sementara untuk minyak goreng kemasan total kapasitas packing sebesar 180 ton per hari dengan area distribusi berada di wilayah Sumatera Utara dan Aceh.

Dari PT PHPO di Belawan, tim satgas bergeser ke gudang Bulog Divre Sumatera Utara. Di gudang Bulog, tim melakukan pengecekan terhadap ketersediaan beras, gula dan minyak goreng. Dari pantauan tim satgas pangan diperoleh informasi untuk kebutuhan beras masyarakat hingga akhir tahun terpenuhi dikarenakan Bulog Divre Sumut memiliki stok hingga 70.000 ton yang tersebar di seluruh gudang Bulog di Sumut. Sementara untuk ketersediaan minyak goreng juga telah tersebar di seluruh gudang Bulog di Sumut. Sedangkan untuk stok gula, Bulog Divre Sumut masih memiliki stok sebesar 1.200 ton yang didapat dari pembelian kepada distributor gula.

Dari hasil pantauan terhadap beberapa pasar tradisional yang berada di Kota Medan seperti Pasar MMTC, Pusat Pasar dan Petisah, untuk harga cabai merah sudah mengalami penurunan, yakni di harga jual Rp32.000/kg. Hal dikarenakan banjirnya pasokan cabai merah dari Aceh, khususnya dari daerah Takengon. Untuk harga ayam juga mengalami penurunan, dengan harga berkisar Rp.27.000 sd. Rp.28.000/kg. Untuk telur sedikit mengalami kenaikan harga, yakni Rp.1.650/butir. Terkait dengan harga beras tetap stabil tinggi, yaitu Rp.13.500/kg untuk jenis beras medium dan untuk harga gula stabil di harga Rp.16.500/kg.

Menurut Kepala Bidang Kajian dan Advokasi KPPU Kanwil I, Shobi Kurnia, kondisi bahan pokok penting terkait dengan harga dan pasokan untuk wilayah Sumut dapat dikatakan masih aman menjelang HKBN.

”Sejauh ini belum ada indikasi adanya perilaku pelaku usaha di Sumut yang melanggar UU persaingan usaha hingga menyebabkan terjadinya lonjakan harga. Namun demikian, dan KPPU dan satgas pangan akan terus melakukan pengawasan dan monitoring pasar secara lebih intensif.  Selain itu, kami juga menghimbau masyarakat tidak perlu panik dalam berbelanja” pungkas Shobi.

(sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

KPPU Paparkan Modus-Modus Persekongkolan Barjas Kepada PPK di Pemkab Serdang Bedagai

13 Desember 2023 - 17:16 WIB

Sarasehan UMKM Komwil I Apeksi Dibuka, Wadah Tingkatkan Perekonomian Daerah

19 November 2023 - 17:04 WIB

KPPU Jatuhkan Putusan Atas Perkara Minyak Goreng Kemasan di Indonesia

27 Mei 2023 - 12:42 WIB

Mobil Listrik Untuk Para Pejabat Estelon I, Maksimum Harga 900 Jutaan

16 Mei 2023 - 14:51 WIB

Penguatan Partisipasi Pemilih Pada Pemilu 2024 di Tengah Arus Bonus Demografi

12 Mei 2023 - 13:23 WIB

Pola Tersohor, Inovasi Kecamatan Medan Johor dalam Penanganan Kebersihan

27 Januari 2023 - 19:21 WIB

Trending di Pemerintahan