Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 13 Des 2023 09:08 WIB

Harga Cabai Dan Tomat Turun Tajam, Harga Daging Babi Mahal Buat Daging Sapi Sulit Turun


					Harga Cabai Dan Tomat Turun Tajam, Harga Daging Babi Mahal Buat Daging Sapi Sulit Turun Perbesar

Medankinian.com, Medan – Berdasarkan hasil pemantauan PIHPS, harga cabai merah di kota medan pada perdagangan hari ini ditransaksikan dikisaran 50 ribu per Kg. Jauh lebih rendah dari capaian harga di pekan sebelumnya yang sempat menyentuh 80 ribu per Kg. Sementara harga cabai rawit juga mengalami penurunan, dikisaran harga 50 ribu per Kg, setelah sempat menyentuh 70 ribuan per Kg di pekan lalu.

Selain harga cabai, harga tomat juga mulai merangkak turun dari kisaran 18 hingga 20 ribu per Kg di pekan lalu. Saat ini dijual dikisaran harga 16 ribuan per Kg. Harga tomat sangat mahal saat ini, lebih dari 3 kali lipat dibandingkan dengan harga disaat normal. Selain komoditas pangan yamg mengalami penurunan tersebut, harga telur ayam dan daging ayam juga mulai menunjukan adanya kenaikan.

Harga telur ayam di kota medan berdasarkan hasil pemantauan PIHPS menunjukan kenaikan rata rata sebesar 100 rupiah per Kg. Dan kenaikan harga telur ayam masih berpeluang terjadi, seiring dengan kenaikan harga di level produsen. Saat ini harga telur ayam di level produsen mencapai Rp. 1.390 per butir. Naik dari posisi sebelumnya sekitar 1.370 per butirnya.

Sementara itu, harga daging ayam yang mengalami kenaikan sekitar 3.000 rupiah per Kg, menjadi sekitar 30 ribu per Kg, sampai saat ini masih bertahan di level tersebut. Dari pantauan di pasar tradisional, para pedagang ayam terpantau banyak menjual ayam afkir grand parent stock. Atau nenek ayam indukan yang telah melewati masa produktifnya. Harga ayam afkir tersebut dibanderol 23 – 25 ribu per Kg, yang membuat harga ayam potong tertahan di posisi sekarang.

Sementara itu, untuk komoditas pangan lainnya terpantau masih cukup stabil. Jelang Nataru saya menilai harga kebutuhan pangan masyarakat beberapa diantaranya masih berpeluang untuk turun lagi. Harga tomat, daging sapi serta harga cabai pada dasarnya masih berpeluang untuk turun lagi. Untuk harga daging sapi yang sejauh ini stabil juga dipicu oleh memburuknya harga daging babi.

Harga daging babi masih bertahan dikisatan 160 ribu per Kg. Yang membuat masyarakat mengalihkan konsumsinya ke daging sapi. Dampak pandemic flu afrika sebelumnya telah menekan jumlah populasi babi. Sayang dampaknya masih begitu terasa sampai sekarang. Namun menurunnya harga sapi bakalan nantinya akan membuat harga daging sapi turun dan menuju 120 ribu per Kg dalam waktu dekat.

(sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 57 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tensi Politik AS Memanas, Picu Pelemahan Rupiah Dan IHSG

23 Oktober 2024 - 19:37 WIB

Putusan KPPU Terkait Penetapan Harga Pada Penyediaan Jasa Depo Peti Kemas di Pelabuhan Panjang Lampung Berkekuatan Hukum Tetap

21 Oktober 2024 - 20:28 WIB

Swasembada Pangan Harus Libatkan Banyak Petani

21 Oktober 2024 - 10:27 WIB

Pasca Pengumuman Kabinet, IHSG Dan Rupiah Bergerak Mendatar

21 Oktober 2024 - 09:32 WIB

Jelang Keputusan BI Rate, Rupiah Dan IHSG Beda Arah

15 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Tersengat Sentimen Negatif Eksternal, IHSG Ditutup Melemah

9 Oktober 2024 - 16:04 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis