Menu

Mode Gelap

Medan · 10 Des 2023 17:31 WIB

Hadiah Internasional Chess RKBN Lebih Besar Dari Malaysia Open


					Hadiah Internasional Chess RKBN Lebih Besar Dari Malaysia Open Perbesar

Medankinian.com, Medan – Kejuaraan catur internasional bertajuk International Chess Championship yang digagas Rumah Kolaborasi Bobby Nasution (RKBN) yang berlangsung sejak 5 Desember resmi ditutup oleh sang penggagas, Bobby Nasution pada Minggu (10/12/2023) sore.

Kejuaraan itu menyisakan sepenggal cerita dari partisipan yang berasal dari luar negeri. Salah satunya Arsyad Muhammad, wasit asal Malaysia yang dipercaya mengawasi jalannya pertandingan.

Dirinya mengaku kagum dan tak menyangka, even internasional yang digagas RKBN menyiapkan total hadiah yang cukup besar yakni Rp240 juta.

Angka tersebut bahkan jauh lebih tinggi dari sejumlah even catur yang pernah digelar di negaranya, seperti Malaysia Open dan juga Penang Open.

“Hadiah Rp240 juta saya rasa sangat besar atau setara dengan 80 ribu Ringgit. Jumlah tersebut tidak mampu ditandingi kejuaraan yang pernah dilaksanakan di Malaysia seperti Malaysia Open dan Penang Open,” tuturnya.
Bahkan, perbedaan total hadiahnya berbanding cukup jauh.

“Yang pasti jauh beda dari total hadiah di kejuaraan International Chess Championship Indonesia ini,” ungkapnya tanpa ingin menjelaskan secara pasti nilai hadiah yang mereka siapkan.

Selain itu, Arsyad juga menyebutkan jika International Chess Championship membuka peluang besar para pecatur Indonesia untuk mendapatkan kesempatan bertanding dengan pecatur dunia.

“Ini adalah peluang bagi Medan mendapatkan pengalaman menjadi tuan rumah kejuaraan internasional. Saya rasa ramai pemain Indonesia mendapat peringkat bagus. Selain itu mereka juga merasakan pengalaman bermain dengan para pecatur dari bangsa-bangsa lain,” ucapnya.

Kekaguman juha hadir dari pecatur asal Uzbekistan, Arena Grandmaster (AGM) Avazbek Ishbaev. Dieiinya tak sungkan mengakui kesuksesan kejuaraan ini. Avazbek berharap kejuaraan tersebut kiranya bisa dilanjutkan di tahun selanjutnya.

“Terima kasih banyak kepada seluruh komite penyelenggara yang telah melaksanakan kompetisi luar biasa ini. Kami berharap turnamen ini terus dilakukan sebagai sebuah tradisi yang dilakukan juga setiap tahun,” pujinya mengakhiri.

Seperti diketahui International Chess Championship yang digagas Rumah Kolaborasi Bobby Nasution (RKBN) diikuti 11 negara termasuk Indonesia.

Kejuaraan catur bertaraf internasional yang masuk dalam kalender federasi catur dunia (FIDE) ini juga menjadi sejarah baru di Kota Medan sebagai even internasional pertama kalinya.

Kejuaraan itu juga menjadi lebih bergengsi karena diikuti 3 Grand Masters (GM) dua dari Vietnam dan satu India serta 4 pecatur bergelar International Masters (IM), 6 Fide Masters (FM) dan 2 Candidate Masters (CM).

(sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 97 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Reskrim Polsek Medan Baru Tangkap Pelaku Pencurian Sepeda Motor di Pelataran Parkir Mesjid Al Jihad

23 Oktober 2024 - 20:09 WIB

Raih IPK 4, Mantan Pejabat Sumut Hadiri Sidang Promosi Doktor Agus Marwan

22 Oktober 2024 - 22:36 WIB

HMI Sumut: Lima Tahun Jadi Gubernur, Edy Rahmayadi, Cuma Bisa Marah-marah 

22 Oktober 2024 - 12:13 WIB

Kisah Nursyamsiah, Penderita Batu Empedu Bisa Berobat Gratis Pakai KTP Program Bobby Nasution

21 Oktober 2024 - 10:22 WIB

Sekda Prov Sumut Sampaikan Proses Seleksi Jabatan Kadis Kesehatan Sudah Sesuai Prosedur

20 Oktober 2024 - 14:47 WIB

Sampai 16 Oktober, Surplus APBD Kota Medan TA 2024 Sebesar Rp. 326,47 Miliar

19 Oktober 2024 - 18:28 WIB

Trending di Medan