Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 27 Nov 2023 15:44 WIB

Harga Daging Ayam Anjlok, Ada Ancaman Harga Bisa Naik Jelang Nataru


					Harga Daging Ayam Anjlok, Ada Ancaman Harga Bisa Naik Jelang Nataru Perbesar

Medankinian.com, Medan – Harga daging ayam anjlok pada perdagangan awal pekan ini. Jika mengacu kepada data PIHPS, harga daging ayam di awal pekan ini anjlok 2.200 rupiah per Kg nya di kota medan. Dimana rata rata harga daging ayam di kota medan pada hari ini dijual dikisaran 25.300 per Kg. Ditambah lagi temuan saya di pasar harga daging ayam ada yang dijual di harga 20 ribu per Kg nya. Penurunan harga daging ayam ini menjadi pukulan bagi para peternak.

Mengingat HPP untuk daging ayam di level peternak saat ini dikisaran 21 ribuan per Kg di peternak plasma. Penurunan harga daging ayam saat ini dipicu oleh beberapa faktor. Pertama, saya menemukan bahwa peternak cenderung menahan panen ayamnya. Terlihat bobot ayam yang lebih besar dari biasanya. Sehingga memicu terjadinya penurunan harga.

Kedua, harga ikan segar juga mengalami penurunan. Dari pantauan saya salah satu ikan segar yang sebelumnya dijual dikisaran 33 hingga 35 ribu per Kg sebelumnya. Saat ini harga ikan tersebut berada dikisaran 28 ribu per Kg nya. Sehingga ada persaingan harga disini.

Jadi masalah mendasarnya adalah kemungkinan terjadinya oversupply, dimana pasokan daging ayam melimpah sementara demand atau permintaannya berkurang atau bergeser ke komoditas lainnya. Dan dari hasil survey dilapangan, penurunan harga daging ayam yang murah saat ini menjadi kabar buruk bagi peternak. Peternak akan mengurangi belanjanya yang diproyeksi akan menjadi pemicu kemungkinan kenaikan harga daging ayam yang signifikan menjelang Nataru 2023.

Jika mengacu kepada mekanisme pasar, sebenarnya disaat harga murah peternak mengurangi pasokan ayam indukan, ini sebenarnya wajar terjadi. Yang penting peternak tidak melakukan upaya secara bersama sama dan bersepakat untuk memotong jumlah ayam indukan tersebut. Mengingat kejadian di beberapa tahun yang lalu dimana KPPU membuktikan terjadinya kartel cutting doc.

Solusi untuk masalah oversupiply ini seharusnya ditempuh dengan cara hilirisasi untuk mencegah terjadinya penurunan harga daging ayam. Menyerap produksi yang berlebihan dengan menyediakan cold storage. Hanya saja masyarakat belum dibiasakan untuk membeli daging ayam beku, sehingga penurunan harga saat ini, justru menjadi pukulan bagi konsumen di masa yang akan datang. Artinya harga daing ayam murah saat ini justru menebar ancaman kemungkinan kenaikan di masa yang akan datang terlebih saat menjelang Nataru nanti.

Demikian menurut analisis Pengamat Ekonomi Kota Medan Benjamin Gunawan.

(sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 38 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tensi Politik AS Memanas, Picu Pelemahan Rupiah Dan IHSG

23 Oktober 2024 - 19:37 WIB

Putusan KPPU Terkait Penetapan Harga Pada Penyediaan Jasa Depo Peti Kemas di Pelabuhan Panjang Lampung Berkekuatan Hukum Tetap

21 Oktober 2024 - 20:28 WIB

Swasembada Pangan Harus Libatkan Banyak Petani

21 Oktober 2024 - 10:27 WIB

Pasca Pengumuman Kabinet, IHSG Dan Rupiah Bergerak Mendatar

21 Oktober 2024 - 09:32 WIB

Jelang Keputusan BI Rate, Rupiah Dan IHSG Beda Arah

15 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Tersengat Sentimen Negatif Eksternal, IHSG Ditutup Melemah

9 Oktober 2024 - 16:04 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis