Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 8 Sep 2023 16:27 WIB

China Perluas Larangan Penggunaan Iphone, IHSG Serta Bursa Di Asia Bertumbangan


					China Perluas Larangan Penggunaan Iphone, IHSG Serta Bursa Di Asia Bertumbangan Perbesar

Medankinian.com, Medan – Rilis data pertumbuhan ekonomi Jepang lebih buruk dari ekspektasi sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi jepang tumbuh 4.8% di kuartal kedua, atau lebih buruk dari ekspektasi sebelumnya sebesar 5.5%. Disisi lain, data pengangguran di AS juga mengecewakan. Klaim pengangguran mencapai 216 ribu orang, lebih sedikit dari ekspektasi sebanyak 234 ribu jiwa. Artinya ekonomi AS tetap tumbuh meskipun laju tekanan inflasi masih tinggi dan jauh dari sasaran The FED.

Ini berarti suku bunga acuan The FED (Bank Sentral AS) masih akan bertahan tinggi dengan kemungkinan akan dinaikkan juga masih terbuka. Hal ini yang mengakibatkan tekanan di pasar keuangan terjadi. Dan di akhir pekan ini IHSG bersama dengan banyak bursa di Asia lainnya ditutup di zona merah. IHSG ditutup turun 0.43% di level 6.924,78.

Sementara itu, mata uang Rupiah diperdagangkan dikisaran level 15.320 per US Dolar. Bahkan sejumlah referensi menunjukan bahwa mata uang Rupiah melemah hingga menyentuh 15.350 per US Dolarnya. The FED yang diperkirakan masih akan bernada hawkish menjadi pemicu pelemahan mata uang rupiah pada perdagangan sepekan terakhir.

Selain sentimen kenaikan bunga acuan, pelaku pasar juga tengah mengamati perkembangan hubungan dagang anatara china dan AS yang memanas. Dimana China melarang perluasan penggunaan IPhone di negaranya. Situasi ini memperburuk kinerja pasar keuangan, dimana bursa di AS juga ditutup di zona merah. Ditengah kabar lain seperti memburuknya kondisi ekonomi China.

Selanjutnya, harga emas juga mengalami tekanan dalam sepekan terakhir. Meskipun khusus pada perdagangan akhir pekan ini harga emas ditransaksikan menguat di level $1.925 per ons troy. Namun jika membandingkan kinerjanya dalam sepekan terakhir, harga emas telah mengalami penurunan dari level $1.950.

Jika dirupiahkan harga emas saat ini ditransaksikan dikisaran 951 per gramnya. Harga emas diproyeksikan masih kesulitan untuk menguat selama masih dibayangi kenaikan bunga acuan Bank Sentral AS. Sehingga investor diproyeksikan masih mengambil sikap wait and see hingga kabar terkait pembentukan bunga acuan nantinya terkonfirmasi.

Demikian menurut analisis Pengamat Ekonomi Kota Medan Benjamin Gunawan. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 48 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tensi Politik AS Memanas, Picu Pelemahan Rupiah Dan IHSG

23 Oktober 2024 - 19:37 WIB

Putusan KPPU Terkait Penetapan Harga Pada Penyediaan Jasa Depo Peti Kemas di Pelabuhan Panjang Lampung Berkekuatan Hukum Tetap

21 Oktober 2024 - 20:28 WIB

Swasembada Pangan Harus Libatkan Banyak Petani

21 Oktober 2024 - 10:27 WIB

Pasca Pengumuman Kabinet, IHSG Dan Rupiah Bergerak Mendatar

21 Oktober 2024 - 09:32 WIB

Jelang Keputusan BI Rate, Rupiah Dan IHSG Beda Arah

15 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Tersengat Sentimen Negatif Eksternal, IHSG Ditutup Melemah

9 Oktober 2024 - 16:04 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis