Menu

Mode Gelap

Medan · 7 Jun 2023 16:21 WIB

Dari Hasil Handcraft Berbahan Kayu, Rakastore Hasilkan Omzet 3-5 Juta Perbulan


					Dari Hasil Handcraft Berbahan Kayu, Rakastore Hasilkan Omzet 3-5 Juta Perbulan Perbesar

Medankinian.com, Medan – Siapa sangka pelaku UMKM handcraft yang memproduksi berbagai produk kerajinan berbahan dasar kayu bisa menghasilkan omzet hingga 3-5 juta perbualan. Ialah Rakastore salah satu UMKM asli Kota Medan yang bergerak di bidang handcraft yang memproduksi produk berbahan dasar kayu seperti hiasan dinding, gantungan kunci, gantungan dinding, asbak, hiasan pintu rumah, dudukan hp dan lainnya.

Sangkin larisnya, produk yang dihasilkan oleh anak-anak muda kreatif kota Medan ini laku terjual dan dikirim ke berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Jawa Barat, Hingga ke daerah Kalimantan.

UMKM dengan nama Rakastore ini merupakan binaan dari Kelurahan Teladan Barat, Kec. Medan Kota. Saat ditemui Lurah Teladan Barat Juni Hardian menjelaskan UMKM ini dikelola langsung oleh anak-anak muda kreatif di Kelurahan Teladan Barat. Juni Hardian menceritakan terbentuknya UMKM ini berawal dari tahun 2020 pada saat itu masih dalam masa wabah covid-19 sekelompok mahasiswa mencoba berinovasi dan berkreasi membuat sebuah produk kerajinan berbahan dasar kayu sehingga menghasilkan produk yang bernilai ekonomi.

“Melihat kreatifitas dari anak-anak muda tadi, kami dari Kelurahan Teladan Barat memfasilitasi mereka untuk memperbesar kapasitas produksi mereka, atas inisiatif kami langsung membantu anak-anak muda ini mendapatkan bantuan permodalan dan alat-alat produksi, bahkan tempat produksi dan store mereka tepat di depan Kantor Lurah Teladan Barat.”kata Juni Hardian.

Upaya ini dilakukan Juni Hardian semata untuk mendukung program prioritas Wali Kota Medan Bobby Nasution yang saat ini sangat peduli terhadap pembinaan UMKM agar dapat naik kelas sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan bagi pelaku UMKM.

“Kami dari Kelurahan Teladan Barat sangat mendukung program prioritas dari Bapak Wali Kota Medan dalam melakukan pembinaan terhadap pelaku UMKM, karena itu kami terus membantu pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Teladan Barat agar dapat terus maju dan berkembang.”ujar Juni Hardian.

Bagi masyarakat yang tertarik dengan produk-produk yang dihasilkan Rakastore, sambung Juni Hardian, dapat langsung mengunjungi store mereka di Jalan SM Raja, Gg. Masjid atau tepatnya di depan Kantor Lurah Teladan Barat.

“Atau bisa juga di order melalui instagram maupun shopee Rakastore, Produk UMKM yang dijual sangat terjangkau mulai dari harga Rp.5.000 sampai Rp.150.000.”pungkasnya. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 94 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Diusung PAN Maju Pilgubsu, Syah Afandin: Bobby Nasution Sosok yang Pas Pimpin Sumut

12 Juni 2024 - 20:15 WIB

⁠Momen Haru di Acara Pelepasan SMP YPSA: Kepala Sekolah Ungkap Rahasia Kesuksesan!

12 Juni 2024 - 11:28 WIB

Dewan Minta Pemko Beri Kemudahan Pengurusan Adminduk

12 Juni 2024 - 00:14 WIB

Hendra DS Edukasi Masyarakat Kelola Sampah Jadikan Uang

11 Juni 2024 - 23:25 WIB

Dewan Minta Kegiatan Posyandu Lansia Supaya Ditingkatkan

11 Juni 2024 - 22:19 WIB

Pemko Jangan Tebang Pilih Tertibkan PKL

11 Juni 2024 - 21:17 WIB

Trending di Medan