Menu

Mode Gelap

Gaya Hidup · 2 Mei 2023 20:36 WIB

Bahaya Minuman Dingin di Cuaca Panas Ekstrem Seperti Saat Ini


					Bahaya Minuman Dingin di Cuaca Panas Ekstrem Seperti Saat Ini Perbesar

Medankinian.com, Medan – Beberapa waktu belakangan ini sejumlah negara dilanda cuaca panas ekstrem. Meski tak mengalami heat wave namun perubahan cuaca panas yang terjadi di Indonesia, namun saat ini Indonesia juga tengah mengalami cuaca panas akibat adanya gerak semu matahari. Ini menjadi suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun. Potensi suhu udara panas seperti itu dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya.

Di tengah cuaca panas yang melanda Tanah Air, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan masyarakat. Salah satunya, tidak menggunakan warna gelap saat berada di luar ruangan saat cuaca seperti saat ini. Mengapa demikian? Spesialis penyakit dalam, Dr.dr. Wismandari Wisnu, Sp.PD-KEMD menjelaskan, warna hitam dapat menyerap sinar matahari yang berdampak pada peningkatan suhu dalam tubuh.

“Di udara panas badan kita dingin tidak bisa dicapai kalau pakai pakaian gelap seperti hitam. Hitam itu serap cahaya matahari, karena semua cahaya diserap badan kita panas keluarkan energi panas,” katanya, seperti dikutip dari Viva.com.

Selain itu, di tengah cuaca panas ekstrem seperti saat ini juga tidak disarankan untuk langsung meminum air dingin. Sebab dapat menyebabkan gangguan pada saluran cerna. “Ketika berkeringat panas hebat langsung air dingin pakai es batu, tubuh dalam hal ini pencernaan akan kaget, persamaan suhu di lambung menyebabkan saluran cerna tidak baik sehingga bisa menyebabkan kram perut jadi enggak,” ujarnya.

Wismandari menjelaskan lebih lanjut, makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh akan disamakan suhunya agar bisa diserap dengan baik oleh pencernaan.

“Kalau terlalu dingin lambung dan saluran cerna lebih lambat samakan suhu, kalori yang dihasilkan lebih banyak, harusnya makanan dan minuman yang dikonsumsi akan menyerap nutrisi tapi ini malah jadi enggak,” katanya. Untuk itu, kata Wismandari ada baiknya ketika tubuh dalam keadaan panas bisa mengonsumsi minuman dalam suhu ruang. Di sisi lain, Wismandari menjelaskan jika cuaca terlalu panas, tubuh akan mengeluarkan energi terlalu banyak. Alhasil dapat menyebabkan berbagai masalah dalam tubuh seperti mual, dehidrasi hingga sulit berkonsentrasi.

“Panas di sekeliling kita berdampak pada tubuh kita. Tubuh kita harusnya punya adaptasi terhadap suhu tertentu terlalu panas bereaksi salah satunya kita perlu samakan suhu di luar. Kalau terlalu panas tubuh kita akan mengeluarkan energi terlalu banyak. Cahaya matahari akan diserap tubuh dan mengeluarkan energi tubuh jadi cepat capek, sulit konsentrasi, dehidrasi ini bisa pusing, mual,” katanya. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 116 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Kegiatan Pagi Hari yang Bikin Kamu Semangat Jalani Hari

23 Oktober 2024 - 07:05 WIB

6 Drama Cina Seru ini Bisa Bikin Kebosananmu Hilang Loh!

15 Oktober 2024 - 10:25 WIB

Meski Ekstrim, Kamar Hotel Tanpa Dinding Ini di Antri Oleh Ratusan Pengunjung!

13 Oktober 2024 - 20:28 WIB

5 Ramalan Zodiak Asmara Hari Ini

7 Oktober 2024 - 10:11 WIB

Zodiak Taurus Hari Ini : Bersiaplah Mendapatkan Kesempatan Bagus!

3 Oktober 2024 - 09:34 WIB

Ramalan Zodiak Hari Ini : Aries Miliki Energi Positif yang Baik

30 September 2024 - 15:55 WIB

Trending di Gaya Hidup