Menu

Mode Gelap

Sumut · 10 Mar 2023 17:59 WIB

PT Indonesia Asahan Aluminium Raih Sertifikat Aluminium Stewardship Initiative (ASI)


					PT Indonesia Asahan Aluminium Raih Sertifikat Aluminium Stewardship Initiative (ASI) Perbesar

Medankinian.com, Asahan – PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM sebagai bagian dari MIND ID, BUMN Holding Industri Pertambangan berhasil meraih Sertifikat Standar Kinerja Aluminium Stewardship Initiative atau ASI V3 (2022) dengan scope Pabrik Peleburan Aluminium di Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Sertifikasi ASI dikembangkan melalui proses konsultasi multi-stakeholder yang ekstensif dan merupakan satu-satunya inisiatif standar keberlanjutan sukarela yang komprehensif untuk rantai nilai aluminium.

Ini adalah sertifikasi pertama yang dikeluarkan untuk Performance Standard atau ASI V3 (2022) yang diperbarui dan diluncurkan pada Mei 2022 setelah melalui proses revisi selama beberapa tahun. Ini mendefinisikan 11 prinsip dan 62 kriteria di bawah tiga pilar Keberlanjutan – Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola dengan tujuan untuk mengatasi masalah keberlanjutan yang mendesak dalam rantai nilai aluminium, seperti keanekaragaman hayati, hak Masyarakat Adat, sirkularitas, dan emisi gas rumah kaca yang keseluruhannya telah dipenuhi oleh INALUM melalui proses audit secara independent oleh sebagai pihak ketiga, TÜV Rheinland Cert GmbH.

Sertifikasi ASI merupakan bukti bahwa INALUM adalah produsen yang ramah lingkungan. Jadi selain menjaga reputasi perusahaan dan effort para pendahulu untuk mendaftarkan brand INALUM di LME, INALUM juga bisa mendapatakan manfaat financial apabila ekspor ke Negara yang concern dengan low-carbon product. Produk INALUM terdiri dari Aluminium Ingot, Aluminium Billet dan Aluminium Alloy berkapasitas produksi sebesar 250.000 ton per tahun.

Rainaldy Harahap selaku Senior Executive Vice President Operasi dan Produksi – INALUM mengatakan: “Dengan gembira kami umumkan bahwa INALUM (Persero) telah meraih sertifikasi ASI Performance Standard V3 (2022). Sertifikasi ini merupakan tonggak penting bagi perkembangan bisnis kami di masa depan. Kami berkomitmen untuk menerapkan praktik industri aluminium yang bertanggung jawab dan berkelanjutan, serta menjadi pemain global dalam industri aluminium dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan dan memberikan kontribusi positif kepada seluruh karyawan dan pemangku kepentingan”

“Merupakan suatu kehormatan untuk menerima keanggotaan ASI dan bekerja untuk mencapai sertifikasi ASI, karena ini berarti kami selangkah lebih dekat untuk mewujudkan visi kami menjadi perusahaan yang terkenal secara global, terintegrasi, dan ramah lingkungan. Perusahaan aluminium yang ramah,” sambung Mahyaruddin AR, Senior Vice President Deputi Sekretaris Perusahaan – INALUM. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Dinsos Langkat Luncurkan Program Datuk Seri Langkat

7 Juni 2024 - 21:39 WIB

Pj Bupati Langkat Tinjau Korban Kebakaran di Kecamatan Padang Tualang

6 Juni 2024 - 21:05 WIB

Uke Retno Berikan Pembinaan di Kegiatan UP2K PKK

6 Juni 2024 - 19:58 WIB

Pj Bupati Langkat & TPID Gelar Gerakan Pangan Murah di 3 Kecamatan

6 Juni 2024 - 17:51 WIB

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Faisal Hasrimy Tanam 11.000 Pohon Mangrove di Kecamatan Brandan Barat

6 Juni 2024 - 14:43 WIB

Buka Rakor P3DN 2024, Faisal Hasrimy : “Saya Ingin Kita Serius pada Progam ini

5 Juni 2024 - 12:36 WIB

Trending di Sumut