Menu

Mode Gelap

Medan · 24 Nov 2022 01:20 WIB

Warga Medan Masih Minim Pengetahuan Tentang Tanggap Bencana


					Warga Medan Masih Minim Pengetahuan Tentang Tanggap Bencana Perbesar

Medankinian.com, Medan – Pemerintah Kota (Pemko) Medan disarankan untuk memperkuat program tanggap bencana mulai dari tingkat lingkungan sampai kecamatan. Pasalnya, masih banyak warga yang bingung ketika dihadapkan dengan situasi bencana khususnya banjir.

Hal ini disampaikan Anggota DPRD Medan Mulia Syahputra Nasution, Rabu (23/11/2022).

Mulia berasal dari Fraksi Partai Gerindra bilang, jika warga yang tinggal di kawasan rawan bencana paham harus melakukan apa, maka dampak bencana tersebut dapat diminimalisir sedini mungkin.

“Wilayah yang rawan bencana seharusnya melibatkan warga sekitar untuk dilatih agar tanggap akan bencana. Masak sekelas Kota Medan kalah sama daerah lain yang begitu serius mensosialisasikan program tanggap bencana? Ingat, geografis Kota Medan ini terletak di hilir. Ekstrem sedikit saja cuaca di hulu, Medan pasti kena dampaknya,” bebernya.

Menurut anggota Komisi III DPRD Medan ini, Pemko Medan terkesan gamang ketika dihadapkan dengan situasi yang membutuhkan penanganan cepat, seperti mengevakuasi warga yang tertimpa bencana. Sehingga pihaknya menilai, ketika ada bencana pemko kewalahan.

“Program penanggulangan bencana harus diperkuat sehingga ke depannya masyarakat sudah bisa mandiri dalam hal merespon bencana yang datang,” ujarnya.

Mulia mencontohkan, di setiap kelurahan yang rawan bencana banjir diberikan pemahaman tentang Search And Rescue (SAR) berikut pengadaan satu unit perahu karet dan tenda darurat. Begitu juga di kelurahan padat penduduk rawan kebakaran, diberi pemahaman P3K dan alat pompa air.

“Kalau masyarakat kita sudah tersistem, maka dampak buruk bencana dapat diminimalisir. Dan pekerjaan dinas terkait sedikit terbantu dengan tingginya kesadaran masyarakat akan tanggap bencana,” pungkasnya. (sdf/mk)

 

Artikel ini telah dibaca 56 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Bobby Nasution Ajak Masyarakat Maknai Idulfitri dengan Saling Memaafkan, Silaturahmi, dan Berbagi

10 April 2024 - 10:20 WIB

Ditengah Kemeriahan Malam Takbiran, Ada Petugas Kebersihan Yang Selalu Siaga Membersihkan Sampah

9 April 2024 - 22:26 WIB

Semarak Pawai Kendaraan Meriahkan Malam Takbiran Idul Fitri 1445 H, Bobby Nasution Berharap Masyarakat Mendapatkan Keberkahan

9 April 2024 - 21:11 WIB

Stok Vaksin di Puskesmas Medan Kosong, Dua Bulan Bayi tak Imunisasi

8 April 2024 - 22:50 WIB

Penarik Ojol Dukung Program Bobby Gratiskan Parkir di Kawasan Non e- Parking, Selama Ini Hanya Meresahkan

8 April 2024 - 21:37 WIB

Siap Sambut Wisatawan libur lebaran, Penutupan Medan Zoo Ditunda Sampai Setelah Lebaran

7 April 2024 - 16:53 WIB

Trending di Medan