Menu

Mode Gelap

Medan · 11 Nov 2022 16:30 WIB

Gubernur Optimistis Energen Champion SAC Temukan Bibit Atletik di Sumatera Utara


					Gubernur Optimistis Energen Champion SAC Temukan Bibit Atletik di Sumatera Utara Perbesar

Medankinian.com, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) H. Edy Rahmayadi secara resmi membuka Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia – North Sumatera Qualifiers, Jumat (11/11/2022).

Acara yang berlangsung di Stadion Universitas Negeri Medan (Unimed) itu diikuti oleh lebih 5.000 peserta. Edy percaya, dalam jangka pendek dan panjang, anak-anak ini bisa dipoles untuk ajang olahraga nasional di masa mendatang.

“Kalau kita ambil anak SMA sekarang, dua tahun yang akan datang di usia 16-17 dia sudah bisa menunjukkan kemampuannya. Untuk jangka panjangnya bisa ambil anak SD dan SMP. Dan ini bukan hanya ditargetkan untuk PON, tetapi terus berkesinambungan untuk yang lain. Jangkauan terdekat kita memang PON,” kata Edy.

Orang nomor satu di Sumut itu juga percaya. Dari siswa tingkat SD, SMP dan SMA pasti ada bakat yang lahir untuk Sumatera Utara. Nantinya, anak-anak ini dapat diberi pembinaan, bertingkat, berlanjut dan berjenjang.

“Sehingga nanti kita memiliki orang-orang yang punya talenta di dalam atletik. Dan nanti anak-anak ini bisa dipoles sesuai dengan keinginan kita,” lanjut Edy.

Sumatera Utara memang dikenal sebagai rumahnya atlet atletik. Mardi Lestari dan Parluatan Siregar berasal dari provinsi ini. Banyak harapan besar digantungkan untuk Energen Champion SAC Indonesia. Yang dipercaya dapat menemukan bibit atletik baru bagi Sumut. Salah satu harapan itu datang dari Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis.

“Saya melihat event ini sangat bermanfaat bagi Sumut. Karena melihat antusiasme peserta luar biasa dan ribuan orang yang ikut. Masa sih saya nggak dapat 10 persen saja calon atlet dari sini. Pasti dapat,” kata John.

“Saya senang melihat semangat anak-anak ini walaupun mereka menggunakan alas kaki yang seadanya Saya optimis di sini pasti ada bakat-bakat terpendam. Hanya saja belum pernah dicoba,” tambahnya.

Mengamini ucapan John, Ketua PB PASI Sumut, Dr David Luther Lubis juga mengharapkan hal yang sama. Apalagi, David terkejut animo luar biasa diberikan masyarakat untuk cabang olahraga atletik.

David terharu sekaligus bangga. Sumut bisa bersaing dengan provinsi lainnya untuk Energen Champion SAC Indonesia.

“Kami percaya penerus atlet atletik senior akan lahir dari provinsi ini. Untuk jenjang SMA, kita nanti akan berdiskusi dengan DBL Indonesia, melihat hasil akhirnya. Dan kita akan mendukung mereka untuk berlomba di Jakarta. Di babak National Championship nanti,” ungkap David.

Acara pembukaan Energen Champion SAC Indonesia – North Sumatera Qualifiers juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut Tuahta Ramahaya Saragih, Group Regional Sales Manager Sumatera bagian Utara Mayora Yoki Nasution, Area Marketing Manager PT. Darya Varia Rifat Nasution dan General Manager Business Tribun Medan Setiawan.

Kemeriahan semakin bertambah dengan penampilan marching band Widya Swara Bahana dari Unimed. Selain itu, para peserta dan penonton yang hadir juga berkesempatan untuk mencicipi Energen Champion, makanan bergizi Super Bubur dan mendapat air mineral Le Minerale.

Energen Champion SAC Indonesia – North Sumatera Qualifiers berlangsung di Stadion Universitas Negeri Medan (Unimed) pada 11-13 November 2022. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air itu diikuti hampir 5.000 siswa dari seluruh Sumatera Utara. Yang berasal dari 200 sekolah. Mulai jenjang SD, SMP hingga SMA.

Khusus jenjang SMA, juara dan runner-up dari semua nomor akan melaju ke babak National Championship. Yang akan dihelat di Jakarta pada 9-11 Desember. Kemudian para juara National Championship akan mengikuti training camp di Australia.

Energen Champion SAC Indonesia menjaring anak-anak muda bertalenta dari sembilan Regional Qualifiers. Yakni Bali-Nusa Tenggara (Mataram), Papua (Mimika), Yogyakarta (Yogyakarta), West Java (Bandung), North Sumatera (Medan), DKI Jakarta-Banten (Jakarta), Kalimantan (Banjarmasin), Central Java (Semarang), dan East Java (Surabaya).

Energen Champion SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik paling akbar di Indonesia. Acara ini diadakan oleh Energen Champion, bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia. Energen Champion adalah minuman cokelat berenergi yang mengandung susu dan telur dari Mayora. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pemko Medan Raih Penghargaan Anugerah Meritokrasi 2022

8 Desember 2022 - 21:21 WIB

Bobby Nasution Berpacu Benahi Infrastruktur, Sampai November 2022 Sepanjang 158 Km Jalan Telah Diperbaiki

8 Desember 2022 - 21:18 WIB

Fashion Show Multietnis Meriahkan Peringatan HUT ke-23 Dharma Wanita Persatuan Kota Medan

8 Desember 2022 - 16:51 WIB

Pekerja Digaji di Bawah UMK, Pengusaha Diminta Patuhi UU Cipta Kerja

7 Desember 2022 - 22:45 WIB

Bayek : Tantangan Pembangunan Kota Medan ke Depan Akan Semakin Kompleks

7 Desember 2022 - 22:40 WIB

Pemko Harus Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat Kota Medan

7 Desember 2022 - 22:36 WIB

Trending di Medan