Menu

Mode Gelap

Gaya Hidup · 3 Nov 2022 14:59 WIB

Waspada Zat Pelarut Dalam Obat Sirup Juga Ditemukan Dalam Kandungan Vape


					Waspada Zat Pelarut Dalam Obat Sirup Juga Ditemukan Dalam Kandungan Vape Perbesar

Medankinian.com, Medan – Belakangan ini masyarakat dihebohkan dengan adanya temuan cemaran Dietilen Glikol (DEG) dan Etilen Glikol (EG) pada obat sirup yang menyebabkan banyak anak terkena gagal ginjal akut.  Diketahui bahwa obat sirup merupakan jenis obat yang paling sering dikonsumsi oleh anak. Hal ini lantaran obat sirup dianggap lebih mudah untuk dikonsumsi dan memiliki berbagai pilihan rasa yang disukai oleh anak kecil.

Sehingga terjadinya cemaran DEG dan EG inilah yang kemudian diduga sebagai faktor utama penyebab terjadinya gagal ginjal akut pada anak. Vella Rohmayani, Dosen Teknologi Laboratorium Medis (TLM) UM Surabaya menjelaskan Propilen glikol ternyata selama ini bukan hanya lazim digunakan sebagai bahan pelarut pada obat sirup saja. Namun jenis zat pelarut ini juga ditemukan dalam kandungan vape.

Rokok elektrik atau yang lebih dikenal dengan sebutan vape ini, banyak dikonsumsi oleh perokok aktif disemua kalangan. Mulai dari kalangan muda, dewasa hingga usia tua. Bahkan juga dikalangan perokok perempuan. Vape dijadikan pilihan alternatif oleh perokok aktif karena selama ini banyak masyarakat yang mempercayai bahwa vape lebih ramah terhadap kesehatan dibandingkan dengan rokok konvensional.

Namun kenyataan itu tidak benar dan masyarakat perlu berhati-hati. Beredarnya isu bahwa vape lebih sehat dan aman digunakan telah berhasil membuat banyak perokok konvensional yang kemudian beralih mengkonsumsi vape. Bahkan menyebabkan terjadinya lonjakan jumlah perokok di Indonesia.

“Seperti halnya obat sirup, vape selama ini juga menggunakan campuran pelarut propilen glikol. Sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa vape juga terindikasi mengalami cemaran DEG dan EG seperti halnya yang ditemukan pada obat sirup,” jelas Vella dikutip dari laman UM Surabaya, Kamis, 3 November 2022.

Menurut Vella, beralih menggunakan vape sebagai pilihan alternatif rokok konvensional bukanlah pilihan yang tepat. Ia mengimbau untuk waspada penggunaan vape.

“Oleh sebab itu pengguna vape atau dikenal dengan sebutan vaping perlu waspada karena penggunaan vape justru mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Salah satunya yaitu dapat menyebabkan terjadinya masalah gagal ginjal akut,” ujar Vella. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Hidup Sehat Dengan Mengkonsumsi Makanan Yang Kaya Antioksidan

26 Januari 2023 - 15:22 WIB

Peruntungan 12 Shio Pada Shio Kelinci Air Di Tahun 2023 Ini

23 Januari 2023 - 14:02 WIB

Beberapa Penyebab Kucing Kabur Dari Rumah, Para Pecinta Kucing Harus Tahu

20 Januari 2023 - 14:29 WIB

Girls, Ini 6 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan Yang Harus Kamu Ketahui

19 Januari 2023 - 23:48 WIB

Suka Membeli Tas Mewah, Wanita-Wanita di Negara Ini Terkenal Paling Glamor

18 Januari 2023 - 20:29 WIB

11 Pantangan Di Tahun Baru Imlek

18 Januari 2023 - 20:10 WIB

Trending di Gaya Hidup