Menu

Mode Gelap

Medan · 23 Okt 2022 20:21 WIB

Haris Kelana Minta Dinkes Medan Tarik 5 Jenis Obat Berbahaya


					Haris Kelana Minta Dinkes Medan Tarik 5 Jenis Obat Berbahaya Perbesar

Medankinian.com, Medan – Terkait adanya 5 jenis obat yang disebut sangat berbahaya yang mengakibatkan Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GgGAPA) pada anak, anggota DPRD Medan Haris Kelana Damanik ST angkat bicara. Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPRD Medan itu minta Dinas Kesehatah Kota Medan agar segera menarik obat dimaksud dari pasaran atau Apotik tidak hanya sekedar himbauan.

“Tidak cukup hanya melakukan pengawasan dan himbauan terhadap pihak Apotik agar tidak menjual karena pemerintah sudah mengentikan izin edarnya. Tetapi harus menarik obat dimaksud dari peredaran,” tegas Haris Kelana Damanik kepada wartawan menyikapi obat berbahaya pada ginjal anak yang marak terjadi akhir akhir ini, kemarin (22/10/2022).

Menurut Haris, Kalau hanya sekedar himbauan dan pengawasan dinilai tidak akan maksimal. Bisa saja pihak apotik menjualnya dibelakang petugas. Celakanya, akan muncul korban baru karena masyarakat banyak yang tidak paham.

Kendati demikian Haris Kelana Damanik yang juga Ketua Komisi IV DPRD Medan dorong Dinkes Medan melakukan pengawasan maksimal kepada seluruh apotik yang ada di Medan. Bahkan memberikan sanksi tegas bila terbukti melanggar aturan.

Sebagaimana diketahui, guna mencegah terjadinya kasus Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GgGAPA) pada anak yang marak terjadi beberapa waktu belakangan ini, Pemko Medan melalui Dinas Kesehatan Kota Medan telah bergerak melakukan pengawasan dan himbauan kepada apotik yang ada di kota Medan agar tidak menjual obat dimaksud, Jumat (21/10/2022).

Pengawasan dilakukan dengan cara mendatangi langsung sejumlah apotik yang ada di kota Medan salah satunya apotik Kalimas dan apotik Penang Island dijalan Setia Budi. Petugas memberikan himbauan kepada pemilik apotik agar menarik seluruh obat yang saat ini izin edarnya dihentikan, artinya tidak boleh diperjual belikan kepada masyarakat. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Kahiyang Ayu Bobby Nasution Lepas 6.500 Lebih Peserta Parade Kebaya Nusantara

21 Juli 2024 - 15:45 WIB

Wujudkan Mandiri Pangan, Bobby Nasution Ajak Alumni IPB Sumut Majukan Sektor Pertanian

20 Juli 2024 - 18:50 WIB

Bobby Nasution Ingin Rasa Solidaritas dan Kekeluargaan Anak-Anak Vesva Tertanam di Masyarakat

20 Juli 2024 - 18:43 WIB

Pembangunan Perumahan Polonia Garden Menyalahi Ranperda RTRW Medan

19 Juli 2024 - 18:39 WIB

Arah Baru Sumatera Utara, Pilih Yang Muda Jangan Pura-pura Muda

18 Juli 2024 - 21:51 WIB

Tak Kunjung Bayar Utang, DPRD Medan Minta Bobby Tindak Tegas Mal Centre Point

18 Juli 2024 - 19:43 WIB

Trending di Medan