Menu

Mode Gelap

Sumut · 5 Jun 2022 20:38 WIB

Gubsu Imbau Masyarakat Gunakan Produk Lokal Sumut


					Tinjau: Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi didampingi Ketua TP PKK Sumut, Nawal Lubis dan OPD Sumut saat meninjau sentra sepatu kotama di Sukaramai Medan, Sabtu (4/6/2022). (ist/mk) Perbesar

Tinjau: Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi didampingi Ketua TP PKK Sumut, Nawal Lubis dan OPD Sumut saat meninjau sentra sepatu kotama di Sukaramai Medan, Sabtu (4/6/2022). (ist/mk)

Medankinian.com, Medan – Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengimbau agar masyarakat menggunakan produk lokal khas Sumut.

Hal itu disampaikan Gubsu didampingi Ketua TP PKK Sumut, Nawal Lubis saat meninjau sentra sepatu kotama di Sukaramai Medan, Sabtu (4/6/2022).

“Diharapkan penggunaan produk lokal itu dimotori para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Sumut dan juga di instansi pemerintah lainnya,” ujar Edy.

Ia didampingi Kadis Koperasi dan UKM, Suherman, dan Kepala Biro Perekonomian, Naslindo Sirait, dan Kadis Perindustrian dan Perdagangan, Aspan Sofian Batubara. Ia disambut pendiri sepatu kotama, Azri.

Seperti sepatu kotama produksi salah satu UKM Sumut untuk pria, wanita dan anak-anak sekolah, menurut Edy, memiliki kualitas yang tak kalah bagus dari buatan produsen lainya.

“Karena saya imbau OPD dan instansi di Sumatera Utara baik BUMN maupun BUMD untuk keperluan pegawai di kantor agar menggunakan produk lokal,” kata Edy.

“Juga saya mengimbau sekolah sekolah di Sumatera Utara terutama SMA dan SMK agar menggunakan sepatu produk Sumatera Utara,” ujarnya lagi.

Ia mengatakan penggunaan produk lokal penting untuk mendorong optimalnya belanja wajib 40% untuk produk UMKM dari APBD Provinsi dan Kabupaten/Kota di Sumut.

Selain itu penggunaan produk lokal, juga agar produk yang dihasilkan bisa diserap pasar. Dengan begitu, kata Edy, akan terjadi peningkatan penjualan, dan otomatis produksi bisa meningkat dan akan menghasilkan pertumbuhan ekonomi.

“Kedua dengan peningkatan pendapatan IKM maka akan terjadi reinvestasi Yang dapat mempertahankan pekerja dan bahkan bisa menambah pekerja dengan demikian akan mengurangi pengangguran dan dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat,” ujar Edy.

Untuk mendorong pertumbuhan UKM di Sumut, tambah Edy, pemerintah selain akan menggunakan produk lokal, juga melakukan pembinaan melalui pelatihan, bantuan peralatan produksi.

Selain itu juga dengan bantuan pembiyaan melalui KUR Sumut dengan bunga rendah serta fasilitasi pemasaran baik melalui e-katalog Sumut maupun ke pemasaran digital atau e-commerce.

Sementar itu, pendiri sepatu kotama, Azri, menyambut baik imbauan gubernur. Menurutnya, kebijakan ini akan sangat membantu UMKM terus beroperasi. Ia berharap bisa diimplementasikan segera.

“Tentu ini kebijakan yang luar biasa dan mudah-mudahan segera terealisasi. Jadi, itu akan sangat membantu kami UMKM yang cukup kesulitan saat covid-19,” kata Azri. (rez/mk)

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Warga Kota Medan Ditipu Belasan Juta di Langkat

21 Oktober 2024 - 20:22 WIB

Hadiri Wisuda Akbid Langkat Angkatan XIX dan XX, Faisal Hasrimy: Lulusan Akbid Harus Berikan Pelayanan Kesehatan Prima kepada Masyarakat

18 Oktober 2024 - 08:46 WIB

Faisal Hasrimy Perkuat Kolaborasi dengan KAHMI Untuk Pengentasan Stunting di Langkat

17 Oktober 2024 - 20:50 WIB

Pj Bupati Langkat Harapkan Tingkatkan Kapasitas FKDM Hadapi Pilkada Serentak

16 Oktober 2024 - 20:54 WIB

Terima Audiensi SKK Migas Sumbagut dan KKKS, Faisal Dukung Kolaborasi Untuk Kesejahteraan Masyarakat

16 Oktober 2024 - 19:58 WIB

Wartawan Media Online di Langkat Dianiaya TS Cabup

14 Oktober 2024 - 23:57 WIB

Trending di Sumut