Menu

Mode Gelap

Sumut · 5 Jun 2022 20:38 WIB

Gubsu Imbau Masyarakat Gunakan Produk Lokal Sumut


					Tinjau: Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi didampingi Ketua TP PKK Sumut, Nawal Lubis dan OPD Sumut saat meninjau sentra sepatu kotama di Sukaramai Medan, Sabtu (4/6/2022). (ist/mk) Perbesar

Tinjau: Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi didampingi Ketua TP PKK Sumut, Nawal Lubis dan OPD Sumut saat meninjau sentra sepatu kotama di Sukaramai Medan, Sabtu (4/6/2022). (ist/mk)

Medankinian.com, Medan – Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengimbau agar masyarakat menggunakan produk lokal khas Sumut.

Hal itu disampaikan Gubsu didampingi Ketua TP PKK Sumut, Nawal Lubis saat meninjau sentra sepatu kotama di Sukaramai Medan, Sabtu (4/6/2022).

“Diharapkan penggunaan produk lokal itu dimotori para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Sumut dan juga di instansi pemerintah lainnya,” ujar Edy.

Ia didampingi Kadis Koperasi dan UKM, Suherman, dan Kepala Biro Perekonomian, Naslindo Sirait, dan Kadis Perindustrian dan Perdagangan, Aspan Sofian Batubara. Ia disambut pendiri sepatu kotama, Azri.

Seperti sepatu kotama produksi salah satu UKM Sumut untuk pria, wanita dan anak-anak sekolah, menurut Edy, memiliki kualitas yang tak kalah bagus dari buatan produsen lainya.

“Karena saya imbau OPD dan instansi di Sumatera Utara baik BUMN maupun BUMD untuk keperluan pegawai di kantor agar menggunakan produk lokal,” kata Edy.

“Juga saya mengimbau sekolah sekolah di Sumatera Utara terutama SMA dan SMK agar menggunakan sepatu produk Sumatera Utara,” ujarnya lagi.

Ia mengatakan penggunaan produk lokal penting untuk mendorong optimalnya belanja wajib 40% untuk produk UMKM dari APBD Provinsi dan Kabupaten/Kota di Sumut.

Selain itu penggunaan produk lokal, juga agar produk yang dihasilkan bisa diserap pasar. Dengan begitu, kata Edy, akan terjadi peningkatan penjualan, dan otomatis produksi bisa meningkat dan akan menghasilkan pertumbuhan ekonomi.

“Kedua dengan peningkatan pendapatan IKM maka akan terjadi reinvestasi Yang dapat mempertahankan pekerja dan bahkan bisa menambah pekerja dengan demikian akan mengurangi pengangguran dan dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat,” ujar Edy.

Untuk mendorong pertumbuhan UKM di Sumut, tambah Edy, pemerintah selain akan menggunakan produk lokal, juga melakukan pembinaan melalui pelatihan, bantuan peralatan produksi.

Selain itu juga dengan bantuan pembiyaan melalui KUR Sumut dengan bunga rendah serta fasilitasi pemasaran baik melalui e-katalog Sumut maupun ke pemasaran digital atau e-commerce.

Sementar itu, pendiri sepatu kotama, Azri, menyambut baik imbauan gubernur. Menurutnya, kebijakan ini akan sangat membantu UMKM terus beroperasi. Ia berharap bisa diimplementasikan segera.

“Tentu ini kebijakan yang luar biasa dan mudah-mudahan segera terealisasi. Jadi, itu akan sangat membantu kami UMKM yang cukup kesulitan saat covid-19,” kata Azri. (rez/mk)

Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pj. Bupati Langkat Sambut Tim Evaluasi PTP2WKSS di Suka Makmur

19 Juli 2024 - 19:20 WIB

Faisal Hasrimy Berhasil Kendalikan Inflasi di Kabupaten Langkat

19 Juli 2024 - 18:21 WIB

Faisal Hasrimy Resmikan Klaster Budidaya Udang Vaname Intensif

19 Juli 2024 - 09:23 WIB

Pj. Bupati Langkat Beri Penghargaan Kecamatan & Kelurahan Terbaik 2024

15 Juli 2024 - 18:49 WIB

Dhaka Transindo, Sediakan Rental Mobil hingga Jet Pribadi se-Indonesia

15 Juli 2024 - 17:47 WIB

Faisal Hasrimy Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2024

15 Juli 2024 - 17:46 WIB

Trending di Sumut