Menu

Mode Gelap

Inspirasi · 15 Mei 2022 21:10 WIB

Aprisa Putri, Siswi SMANSA Sukses Raih Beasiswa di Amerika


					Aprisa Putri, Siswi SMANSA Sukses Raih Beasiswa di Amerika Perbesar

Medankinian.com, Medan– Remaja asal Medan Helvetia berdarah Jawa Mandailing, bernama Aprisa Putri Gunawan sukses meraih impiannya untuk mendapatkan beasiswa berkuliah di perguruan tinggi Amerika Serikat.

Siswi Kelas XII Mipa 1, SMAN-1 Medan angkatan 2022 ini mengaku, tekad untuk menempuh studi ke luar negeri telah terbentuk sejak awal masuk ke jenjang SMA.

Awalnya, gadis cerdas yang biasa disapa Putri ini bertekad untuk mempersiapkan diri pada seleksi ASEAN Scholarship sejak kelas X.

Selagi mempersiapkan jenjang ke perguruan tinggi, ia juga fokus pada karier akademik di sekolah serta non-akademik, yakni perlombaan maupun organisasi.

“Karena menyeimbangkan kedua hal tersebut merupakan tantangan terberat bagi saya sendiri. Meski demikian, saya tetap berusaha sebaik mungkin hingga berhasil meraih gelar rank 1 paralel serta berbagai penghargaan di bidang public speaking, olimpiade, penelitian, serta berbagai event organisasi,” ujarnya, Minggu (15/05/2022).

Hingga Desember 2020 yang merupakan detik-detik berakhirnya semester 5, Putri mendapat kabar dari sekolah tentang adanya program Beasiswa Indonesia Maju Afirmasi Taman Sains. Terpilih menjadi perwakilan SMAN-1 Medan bersama 9 orang lainnya, mereka mengikuti tes di Kampus IT Del, Laguboti, Sumatera Utara.

Setelah melalui seleksi TPA, Wawancara, dan FGD, Putri akhirnya dikabarkan menjadi satu-satunya perwakilan sekolah yang lolos seleksi beasiswa tersebut.

Hingga pada tahap penentuan kelolosan universitas, ia dikabarkan lolos di University of Western Australia, University of British Columbia, University of New South Wales, dan Curtin University, Australia, dan STEI Informatika ITB.

Dari kelima universitas besar ini, Akhirnya Putri menjatuhkan pilihan ke University Of British Columbia, Canada, Amerika.

“Saya berharap ini menjadi perhatian penting untuk Pemerintah Provinsi Sumut untuk membina dan membantu siswa siswi berprestasi yang membawa nama harum sekolah, khususnya Sumatera Utara dan Kota Medan,” pungkasnya.

(Mk/sdf)

Artikel ini telah dibaca 65 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Keren! Anak Medan Dilantik Jadi Kepala Ombudsman RI Jakarta Raya

4 Juli 2022 - 20:16 WIB

Tahu Lebih Banyak Tentang Niesya Harahap, si Cantik yang Ternyata…

31 Mei 2022 - 13:06 WIB

Mantan Kiper Legendaris PSMS Nyambi Jadi Barista

19 Mei 2022 - 13:31 WIB

Kaum Ibu di Batu Bara Dilatih Membatik Mangrove oleh PT Inalum

26 April 2022 - 14:04 WIB

Rayakan Hari Nelayan Nasional, INALUM Bantu Nelayan di Kabupaten Batubara

8 April 2022 - 08:19 WIB

Tanam Pohon, INALUM Jadi Tuan Rumah Bakti BUMN Untuk Indonesia di Kawasan Danau Toba

29 Maret 2022 - 23:12 WIB

Trending di Inspirasi