Menu

Mode Gelap

Inspirasi · 26 Apr 2022 14:04 WIB

Kaum Ibu di Batu Bara Dilatih Membatik Mangrove oleh PT Inalum


					Kaum Ibu di Batu Bara Dilatih Membatik Mangrove oleh PT Inalum Perbesar

Medankinian.com, Batu Bara– PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM lakukan pelatihan pembuatan batik mangrove kepada ibu-ibu di Kabupaten Batu Bara.

Program ini merupakan komitmen INALUM dalam memajukan sektor UMKM di Kabupaten Batu Bara. Kegiatan yang berlangsung selama bulan April 2022 ini berkolaborasi bersama Sanggar Batik Liza Mangrove, kegiatan pelatihan dilakukan di Wana Wisata Pantai Sejarah, Kabupaten Batu Bara.

Vice President CSR/TJSL INALUM Ali Hasian menyebut bahwa program ini merupakan langkah INALUM dalam mendukung kreativitas dan semangat UMKM yang hadir di masyarakat Batu Bara dalam sektor pembuatan kriya batik yang menggunakan mangrove sebagai bahan dasar pewarna kainnya.

“Melihat potensi mangrove yang begitu besar serta belum adanya produk olahan turunan mangrove dan sebagai bentuk pemberdayaan perempuan, maka INALUM bekerjasama dengan Sanggar Batik Liza Magrove mengadakan Pelatihan Pembuatan Batik dengan mangrove sebagai bahan dasar pewarna alami.

Melalui pelatihan ini diharapkan masyarakat mengetahui dan mampu untuk mengoptimalkan potensi mangrove serta turut serta mengembangkan UMKM Kabupaten Batu Bara,” ujar Ali

Pelatihan Batik Mangrove merupakan hasil kolaborasi antara INALUM dan Sanggar Batik Liza Mangrove. Keunikan dalam Batik Mangrove ini adalah bahan pewarna yang digunakan untuk melukis batik berasal dari mangrove yang berada di pantai-pantai Batu Bara. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 12 – 23 April 2022 di Pantai Sejarah dan diikuti oleh 20 perempuan dari Desa Perupuk, Desa Gambus Laut, dan Desa Kuala Tanjung.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Staff Khusus Bupati Batu Bara M. Banapon; Kepala Dinas Koperasi dan UKM Batu Bara Arif Hanafiah; Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Batu Bara Syafrimusa; Perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Toho Simatupang; Ketua Kelompok Cinta Mangrove Azizi; Sanggar Batik Liza Mangrove Sudarman dan Rahmawati.

Di Sumatera Utara, Liza Mangrove merupakan UMKM yang terletak di Deli Serdang yang telah berhasil mengembangkan batik mangrove hingga mencapai penjualan internasional dan telah membina serta melatih beberapa UMKM untuk mampu membuat batik sendiri. Rahmawati selaku pemilik usaha dan inisiator dari Batik Mangrove menyebut bahwa kolaborasi ini akan memunculkan industri kreatif baru di Batu Bara.

“Kami berterima kasih kepada INALUM yang telah turut aktif dalam kolaborasi Batik Mangrove di Batu Bara. Kami berharap, ajang kreativitas dan pelatihan ini bisa terus diadakan oleh kita semua agar berkah mangrove yang diberikan kepada kita bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya dan bisa membantu masyarakat untuk tumbuh menjadi UMKM yang lebih sejahtera,” ujar Rahmawati.

 

(Mk/sdf)

Artikel ini telah dibaca 63 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pendidik Insipiratif, Agus Marwan (241)

26 Juni 2024 - 14:51 WIB

Aksi Memukau 32 Bocah Sumut dalam Gala Premiere Film 1 CM

10 Maret 2024 - 15:43 WIB

Kumpulan Doa Harian Di Bulan Ramadhan

4 April 2023 - 20:39 WIB

Proyek Pemko Medan Rusak Fasilitas Tirtanadi, Telkom dan PLN

24 Januari 2023 - 21:21 WIB

Sampah Jadi Berkah, Gaun dari Plastik Kelurahan Teladan Barat Ikuti Lomba di USU

1 November 2022 - 13:14 WIB

Keren! Anak Medan Dilantik Jadi Kepala Ombudsman RI Jakarta Raya

4 Juli 2022 - 20:16 WIB

Trending di Inspirasi