Menu

Mode Gelap

Sumut · 1 Feb 2022 22:33 WIB

KSDA Evakuasi Orangutan yang Diamankan Polres Binjai


					KSDA Evakuasi Orangutan yang Diamankan Polres Binjai Perbesar

Medankinian.com, Medan– Bermula dari informasi yang disampaikan oleh lembaga mitra kerjasama Balai Besar KSDA Sumatera Utara Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-Orangutan Information Centre (YOSL-OIC) kepada Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Stabat tentang upaya penggagalan perdagangan satwa liar dilindungi Orangutan Sumatera (Pongo abelii) oleh Kepolisian Resort (Polres) Binjai bersama lembaga Sumeco dan YOSL-OIC, pada Selasa 1 Februari 2022.

Polisi berhasil mengamankan 3 orang pelaku, namun ketiganya saat ini masih didalami perannya, sebelum nantinya ditentukan statusnya.

Petugas juga terus mengembangkan kasus ini untuk mencari pelaku-pelaku lainnya. Sedangkan barang bukti berupa 1 (satu) individu Orangutan berhasil diamankan oleh pihak Polres Binjai sejak Senin (31/1) malam di dalam kandang milik pelaku.

Mengingat kondisi satwa yang sudah semalaman berada di dalam kandang yang kecil, maka Selasa (1/2) pagi dilakukan tindakan evakuasi dengan merescue satwa tersebut ke Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orangutan Sibolangit di Batu Mbelin.

Dalam evakuasi petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara ikut mendampingi serta menyerahkan / menitipkan Orangutan dimaksud ke pihak pengelola Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orangutan Sibolangit.

Dari hasil observasi sementara diketahui bahwa satwa ini berkelamin jantan dan berusia diperkirakan 5 tahun. Pada jari telunjuk kaki kiri ada ditemukan luka. Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan kesehatan serta rehabilitasi.

Balai Besar KSDA Sumatera Utara mengapresiasi yang dilakukan oleh Polres

Binjai beserta dengan lembaga mitra, dan menyerahkan sepenuhnya upaya penanganan hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Harapan ke depannya, kerjasama yang baik dengan Polres Binjai dapat terus dibina dan ditingkatkan,” kata Plt. Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara Ir. Irzal Azhar, M.Si.

 

(Rel/mk/sdf)

 

Artikel ini telah dibaca 60 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Kades Langkat Diajak Kolaborasi Sejahterakan Masyarakat

24 Februari 2024 - 22:56 WIB

Pj Bupati Langkat Sidak ke Kantor Desa Tanjungjati

24 Februari 2024 - 22:47 WIB

Mengawali Agenda Pertama, Uke Retno Hadiri Pengajian DWP Langkat

24 Februari 2024 - 22:41 WIB

Pisah Sambut Bupati Langkat, Syah Afandin Titip Kabupaten Langkat kepada Faisal Hasrimy 

24 Februari 2024 - 22:21 WIB

UMKM “Mengangkat Batang Terendam” Akan Antar Syah Afandin jadi Bupati Langkat kembali

19 Februari 2024 - 00:29 WIB

Sekda Langkat Amril Lantik 14 Pejabat Eselon II dan Eselon III

19 Februari 2024 - 00:17 WIB

Trending di Sumut