Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 6 Jan 2022 15:58 WIB

Lobi-lobi Bobby Bikin Kantor Pos Medan Jadi Wadah UMKM Medan Naik Kelas


					Lobi-lobi Bobby Bikin Kantor Pos Medan Jadi Wadah UMKM Medan Naik Kelas Perbesar

Medankinian.com, Medan– Sejumlah Kantor Pos di daerah direvitalisasi, utamanya yang punya nilai heritage. Termasuk Kantor Pos Medan di Jalan Balai Kota.

Projek kementerian BUMN tersebut kemudian dipercayakan kepada anak perusahaan PT Pos Indonesia, PT Pos Property yang dipimpin Dirut Handriyani Catur Setyovati.

Untuk memastikan revitalisasi Kantor Pos di Kota Medan berjalan mulus, Wali Kota Bobby Nasution pun bertemu dengan pihak PT Pos Kamis (6/1/2022). Hadir pula Direktur Jasa Keuangan PT Pos Indonesia Charles Sitorus, EVP Regional 1 Sumatera Dino Aryadi dan lainnya.

Bobby Nasution sendiri membawa setidaknya tujuh kepala dinas yakni, Dinas Perkim, Bapeda, Pariwisata, Perizinan, Koperasi dan UMKM, Perdagangan dan Kebudayaan.

Yang menarik adalah proses menjadikan Kantor Pos Kota Medan lebih dulu dibenahi ketimbang Kantor Pos di daerah lain. Sedianya, Kantor Pos Medan akan dibenahi pada akhir tahun 2022. Namun Bobby langsung melobi Menteri BUMN Erick Thohir agar Medan diduluankan. Itu tak lepas pula dari upaya revitalisasi Lapangan Merdeka dan Kesawan yang dalam proses tahun ini.

Pun, upaya lobi Bobby meminta pembenahan Kantor Pos Medan diduluankan agar bisa menaikkan kelas para pelaku UMKM di Kota Medan.

Memang, revitalisasi Kantor Pos yang sedang gencar ini guna mendukung pelaku UMKM. Kelak di setiap kantor pos yang bernuansa heritage, bakal ada sejumlah space untuk pelaku UMKM.

Hal itu ditegaskan Direktur Jasa Keuangan PT Pos Indonesia, Charles Sitorus. “Kami sedang kembangkan Kantor Pos untuk jadi creatif hub. Di Medan kita akan rangkul pelaku UMKM Medan. Maka itu kami minta dukungan Pak Wali agar berkolaborasi membantu pelaku UMKM kembangkan pasarnya. Di Jakarta sudah sukses dengan sambutannya cukup baik,” kata Charles.

Bobby Nasution pun benar-benar support terhadap rencana revitalisasi Kantor Pos Medan. Buktinya dia langsung membawa tujuh dinas agar memudahkan kolaborasi, termasuk perizinan.

“Kalau dikembangkan Kantor Pos Medan akan lebih berarti untuk warga Medan, terkhusus pelaku UMKM kita. Kantor Pos juga titik nol Kota Medan, cagar budaya juga dibangun sejak 2011. Alhamdulillah juga dijadikan yang pertama untuk dibenahi tahun ini,” kata Bobby.

Sejak awal Bobby telah meminta agar Kantor Pos Medan ini jadi ikon Kota Medan dan ada kegiatan di dalamnya. “Kantor Pos Jakarta saya dikirimin langsung video dan foto-fotonya sama Menteri Pak Thohir. Saya langsung minta agar Kantor Pos Medan diduluankan awal tahun dibenahi jangan akhir tahun,” lanjut Bobby.

Terlebih kawasan Kantor Pos Medan masuk revitalisasi Lapangan Merdeka dan Kesawan. Maka itu, Bobby juga perintahkan kepada para dinas agar singkron, matching. Bobby juga minta agar dinas terkait jangan satu-satu beri informasi guna mudahkan perizinan dan sebagainya untuk mendukung pembenahan Kantor Pos Medan.

“Sanggup ini ya para Kadis. Kalau bisa Februari seluruh izin sudah beres. Jadi target awal Oktober 2022 kelar kalau bisa dimajukan jadi Agustus,” harap Menantu Presiden Jokowi itu.

Dirut PT Pos Property Handriyani membenarkan bahwa ada intruksi Erick Thohir agar Kantor Pos Medan didahulukan dibenahi.

“Kantor Pos Medan duluankan, itu sesuai perintah Pak ET setelah diminta oleh Pak Wali. Intinya kita akan dukung UMKM, food and beverage seluruhnya di gedung heritage Kantor Pos. Pola bagi hasil revenue 15 persen UMKM per bulan. Bukan modal di awal agar tak memberatkan pelaku UMKM,” kata Handriyani.

Selain wadah bagi UMKM, nantinya di Kantos Pos Medan juga bakal jadi wadah nongkrong warga Medan. Ada juga toko kreatif, co working, studio digital hingga live house.

 

(Mk/sdf)

Artikel ini telah dibaca 116 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Ajang Indonesia City Expo APEKSI di Padang, Bobby Nasution Borong Produk UMKM

9 Agustus 2022 - 14:40 WIB

Ekonomi RI Bertumbuh Walau Inflasi Global Meningkat Akibat Perang Rusia vs Ukraina

26 Juli 2022 - 16:27 WIB

Harga Cabai Tak Kunjung Turun, KPPU: Pedagang Besar Jangan Mainkan Harga!

26 Juli 2022 - 15:17 WIB

Ini Keputusan yang Diambil pada RDG BI

22 Juli 2022 - 07:01 WIB

Industri Kecil di Medan Dilatih Membatik

15 Juli 2022 - 14:09 WIB

Currency Bisa Jadi Alat Tukar uang Sah

13 Juli 2022 - 18:50 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis