Menu

Mode Gelap

Medan · 17 Nov 2021 20:14 WIB

Pemko Medan Diminta Kawal Ketat  Potensi PAD


					Pemko Medan Diminta Kawal Ketat  Potensi PAD Perbesar

Medankinian.com, Medan – Pemerintah Kota Medan menetapkan R APBD Pemko Medan TA 2022 diperkirakan Rp 6,37 triliun lebih. Meningkatnya penetapan PAD dari sejumlah sektor, Fraksi Gerindra DPRD Medan mendukung penuh namun tetap menyoroti langkah strategi Pemko Medan untuk pencapaian target PAD.

“Kami mendukung penuh namun Fraksi Gerindra mempertanyakan apa saja langkah dan strategi Pemko Medan untuk bisa meningkatkan capaian PAD dari berbagai sektor,” ujar Siti Suciati.

Hal tersebut disampaikan Siti Suciati SH dalam pemandangan umum Fraksi Gerindra terhadap nota pengantar kepala daerah atas Ranperda Kota Medan tentang R APBD Kota Medan TA 2022 dalam sidang paripurna di gedung dewan, Senin (15/11/2021).

Rapat ini dipimpin Ketua DPRD Medan Hasyim SE didampingi Wakil Ketua DPRD Medan H Ihwan Ritonga, HT Bahrumsyah dan Rajudin Sagala serta pimpinan alat kelengkapan dewan. Hadir juga Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman (mewakili Walikota) serta beberapa pimpinan OPD Pemko Medan.

Disampaikan Siti Suciati, terkait sisi potensi pendapatan, pos pajak daerah direncanakan sebesar Rp 2,5 triliun lebih mengalami kenaikan sebesar Rp 859 milyar lebih atau 49,76 % bila dibandingkan dengan APBD murni TA 2021.  Fraksi Gerindra memberikan dukungan memaksimalkan pendapatan dari pajak hotel, restoran, reklame, hiburan, parkir, IMB, bumi dan bangunan, BPHTB yang harus terus ditingkatkan.

“Artinya, Pemko Medan harus mengawal ketat potensi dari sisi pendapatan sektor ini, dan hal ini tentu sangat merugikan bagi pendapatan Pemko Medan jika tidak maksimal dan tidak sesuai dengan yang direncanakan,” papar Siti Suciat seraya menekankan Pemko Medan harus benar-benar serius melakukan perkiraan target pendapatan yang terukur, rasional, dan dapat tercapai.

Dilain pihak, Fraksi Gerindra mengkritik soal program yang telah dibuat atau direncanakan oleh Pemko Medan terkait akselerasi pemulihan ekonomi melalui pengembangan ekonomi lokal di Kota Medan. “Program pemberdayaan sosial seperti apa saja yang dimaksud dan apa saja program pembangunan infrastruktur menuju medan berkah, maju dan kondusif  yang dimaksud, ” ujar Siti Suciati.

Pada prinsipnya, Fraksi Gerindra sangat mendukung hal tersebut, demi mengembalikan Kota Medan, menjadi kota metropolitan dan masyarakat Kota Medan tentunya ingin melihat kinerja daripada pemerintah kedepan, dan infrastruktur harus benar-benar menjadi prioritas.

Sama halnya dengan penanganan banjir,
Pemko Medan harus memiliki strategi jitu dalam mengatasi banjir.  Fraksi Gerindra menghimbau agar infastruktur harus benar-benar diprioritaskan, dan pembuktiannya harus bisa langsung dirasakan oleh masyarakat Kota Medan.

Begitu juga terkait penanganan kesehatan dan pendidikan. Fraksi Gerindra mempertanyakan apa saja rancangan program Pemko Medan terkait pelayanan kesehatan sebesar 10 % dan peningkatan pendidikan 20 %. Pelayanan kesehatan apa saja yang akan diprogramkan dan apa saja program dalam meningkatkan kualitas pendidikan di kota medan.

Seiring mendukung program Pemko Medan, Fraksi Gerindra minta kepada seluruh OPD agar benar-benar menggali potensi guna meningkatkan PAD  Pemko Medan dan mendorong agar OPD bekerja sesuai dengan tupoksinya. Fraksi gerindra mendukung gerapan cepat (gercep) Walikota Medan Bobby Nasution dan segera ganti OPD yang dianggap lambat dan tidak mampu bekerja. (sdf/mk)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Guna Sukseskan Mutu Pendidikan di Medan, Kahiyang Ajak Dukung BIAN & Tingkatkan PAUD 

5 Agustus 2022 - 23:26 WIB

Dewan Dukung Dinas Ketapang Berikan Bantuan Rumah Jamur

5 Agustus 2022 - 23:20 WIB

Jumat Barokah, Ketua Pewarta Santuni Anak Yatim dan Anak-anak

5 Agustus 2022 - 16:24 WIB

Hadiri Peringatan HAN Tahun 2022, Kombes Valentino: Polrestabes Medan Sangat Peduli Terhadap Perlindungan Anak

5 Agustus 2022 - 16:01 WIB

Puluhan Guru Honor Tergusur Guru P3K, FGTT Ngadu ke Dewan

5 Agustus 2022 - 12:59 WIB

Wadah Anak Muda Salurkan Kreativitas Masih Minim di Medan

5 Agustus 2022 - 12:54 WIB

Trending di Medan