Menu

Mode Gelap

Ekonomi Bisnis · 15 Nov 2021 09:08 WIB

Menebar Maslahat di Sekitar Danau Toba, Melalui Budidaya Tanaman Mangga


					Zainuddin Iqbal Sidabutar, Vice President CSR & PKBL PLTA INALUM bersama A. Iqbal Harahap, Vice President Public Relations PLTA INALUM melakukan penanaman tanaman manga harum manis didampingi Ramadhani Purba selaku Asisten 2 Pemerintah Kabupaten Simalungun dan Marwandi Y. Simaibang Camat Girsang Sipangan Bolon Perbesar

Zainuddin Iqbal Sidabutar, Vice President CSR & PKBL PLTA INALUM bersama A. Iqbal Harahap, Vice President Public Relations PLTA INALUM melakukan penanaman tanaman manga harum manis didampingi Ramadhani Purba selaku Asisten 2 Pemerintah Kabupaten Simalungun dan Marwandi Y. Simaibang Camat Girsang Sipangan Bolon

Medankinian.com, Simalungun- Pertanian merupakan sektor penting dalam menunjang perekonomian daerah yang berbasis agraris. Pemanfaatan lahan serta penanaman komoditas unggulan akan memberikan multiplyer effect (efek ganda) di sektor pertanian. Selain itu, tingkat kesuburan tanah di Kawasan Danau Toba merupakan bonus geografi yang harus dimanfaatkan dengan sebaik – baiknya.

PT Inalum (Persero) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan ( TJSL ) menyalurkan bantuan secara simbolis berupa 1.500 batang tanaman mangga varietas harum manis, 600 kg pupuk kompos organik dan 75 liter Pupuk organik cair yang diharapkan dapat menjadi komoditas unggulan bagi daerah kawasan wisata super prioritas Danau Toba di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Zainuddin Iqbal Sidabutar Vice President CSR & PKBL PLTA Inalum menyampaikan bahwa bantuan tanaman mangga harum manis ini diharapkan dapat menjadi percontohan bagi sektor pertanian di daerah lain.

Untuk Kabupaten Simalungun, Perusahaan memberikan bantuan kepada 12 kelompok tani berupa 4.030 tanaman mangga harum manis, serta memberikan bantuan 1.615 kg pupuk kompos organik dan 202 liter pupuk organik cair pada area seluas 25 Ha yang tersebar di beberapa kecamatan yaitu Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kecamatan Dolok Pardamean dan Kecamatan Pematang Silimakuta.

Dengan pengelolaan pertanian berbasis organik, komoditas mangga harum manis diharapkan dapat menjadi ikon baru bagi Kawasan wisata Danau Toba dari segi agrobisnis, dimana diharapkan agrobisnis bisa mensupport Kawasan pariwisata super prioritas Danau Toba.

Lebih lanjut Iqbal mengatakan semoga kedepan mangga harum manis tidak hanya di pasarkan di sekitar Danau Toba, namun juga dapat dipasarkan keluar daerah, sehingga dapat meningkatkan komoditas di sektor pertanian dan pendapatan masyarakat khususnya di Kabupaten Simalungun. Tutup Iqbal.

A. Iqbal Harahap, Vice President Public Relations PLTA Inalum menambahkan bahwa bantuan tanaman manga harum manis ini adalah salah satu program Corporate Social Responsibility Perusahaan di Bidang Pertanian melalui pemberdayaan para pelaku pertanian yang juga bertujuan sebagai penghijauan dan konservasi di kawasan catchment area Danau Toba.

Ketua kelompok tani Sopo Balian Indra Sitohang selaku penerima manfaat mengucapkan terima kasih kepada Inalum atas bantuan kepada kelompok tani. Kelompok tani Sopo Balian telah memiliki Unit Pengelolaan Pupuk Organik ( UPPO ).

Dengan menerapkan pertanian berbasis organik, pola tanam dan perawatan yang baik, maka kami yakin mangga harum manis dapat menjadi komoditas unggulan di kawasan wisata Danau Toba selain mangga Parapat yang selama ini kita kenal, Tutup Indra.

Pemerintah Kabupaten Simalungun sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi atas bantuan Inalum kepada Kelompok Tani. Ramadhani Purba selaku Asisten 2 Pemerintah Kabupaten Simalungun dalam sambutannya mengharapkan agar kedepan pertanian tidak lagi secara tradisional ataupun konvensional, namun sudah harus berbasis teknologi.

Pertanian merupakan sektor penting bagi Kabupaten Simalungun, mengingat 67 % merupakan masyarakat dengan profesi sebagai petani. Suatu daerah akan maju, jika diikuti dengan sektor pertanian yang maju. Jelas Ramadhani.

Turut hadir dalam acara serah terima bantuan antara lain Kadis Pertanian Kabupaten Simalungun Ir. Ruslan Sitepu, Camat Girsang Sipangan Bolon Marwandi Y. Simaibang, Pangulu Girsang Sipangan Bolon Sahan Sinaga serta anggota kelompok tani Sopo Balian. Acara diakhiri dengan penanaman manga harum manis secara simbolis, serta photo Bersama.

(mk/sdf)

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Sumut Diperkirakan Inflasi Di Maret, Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok Diproyeksikan Bertahan Di Bulan April

28 Maret 2024 - 15:41 WIB

Harga Bawang Merah Dibayangi Cuaca Buruk, Sumut Dibanjiri Beras Dari Aceh Dan Sulsel

27 Maret 2024 - 14:15 WIB

IHSG Melemah Dikepung Sentimen Negatif Internal

26 Maret 2024 - 17:11 WIB

Smartfren Perkuat Jaringan dan Berikan Promo Kuota Besar Menyambut Ramadan dan Idul Fitri 1445H

25 Maret 2024 - 22:56 WIB

Rupiah Sempat tembus 15.800 Di Akhir Pekan, IHSG Mampu Keluar Dari Tekanan

25 Maret 2024 - 16:46 WIB

Gejolak Harga Beras Tidak Semuanya Karena El Nino, Alih Fungsi Lahan Juga Perlu Diperhitungkan

25 Maret 2024 - 16:32 WIB

Trending di Ekonomi Bisnis