Menu

Mode Gelap

Inspirasi · 3 Sep 2021 18:06 WIB

Wajibkan ASN Berbaju Adat Setiap Jumat, Langkah Bobby Nasution Bangkitkan Budaya Nasional


					Wajibkan ASN Berbaju Adat Setiap Jumat, Langkah Bobby Nasution Bangkitkan Budaya Nasional Perbesar

Medankinian.com, Medan–  Wali Kota Medan Bobby Nasution mengeluarkan kebijakan pelestarian budaya dan tradisi. Salah satunya mewajibkan seluruh ASN di Pemko Medan agar mengenakan pakaian adat setiap hari Jumat. Dan kebijakan itu telah dimulai Jumat (3/9/2021).

Bobby Nasution sendiri memilih mengenakan pakaian adat Melayu lengkap dengan Tanjak berwarna kuning dipadukan sarung warna kuning pula, plus teluk belanga berwarna hitam.

Pantauan wartawan, seluruh ASN di Pemko Medan juga telah mengenakan pakaian beranekaragam adat yang ada di tanah air. Terkhususnya pakaian adat sejumlah suku di Sumatera Utara.

Menanggapi kebijakan itu sejumlah budayawan pun memberikan pujian. Suyadi San, seniman yang juga peneliti Balai Bahasa Sumatera Utara menilai langkah tersebut bagus. Kota Medan yang unik nan heterogen jug multikultural sudah selayaknya menampakkan ciri khasnya.

“Wah, bagus itu. Medan kota yang unik. Heterogen dan multikultural. Sudah banyak yg lupa dengan adat-tradisi kan, termasuk ASN? Nah, saatnya sekarang kembali ke tradisi. Walau berupa simbol, lama-kelamaan akan tertanam kembali semangat tradisional di tengah hiruk-pikuk modernitas, misal semangat gotong royong, tepa salira, saling menghargai,” papar Suyadi San.

Dikaitkan Suyadi, apa yang dilakukan Bobby Nasution akan melestarikan budaya dan tradisi sendiri.

“Meminjam trigatra Badan Bahasa (utamakan bahasa Indonesia, kuasai bahasa asing, lestarikan bahasa daerah), utamakan budaya nasional, ketahui budaya asing, lestarikan budaya tradisi,” pungkas pria yang juga akademisi tersebut.

Ketua Badan Kebudayaan Nasional (BKN) Sumut Idris Pasaribu juga memuji langkah Wali Kota Medan.

Kata Idris, sejak lama dia telah mengusulkan hal seperti ini. Dan di zaman Bobby Nasution jadi wali kota akhirnya terwujud. “Saya sudah lama menulis agar Sumatera Utara tidak hanya batik. Masing-masing daerah harus kenakan pakaian adat masing-masing. Pakai adat Melayu, Karo, Batak, Nias dan sebagainya. Pasti akan ada manfaatnya selain mempertahankan tradisi,” kata Idris.

Katanya, jika tradisi digunakan maka akan meningkatkan perekonomian. “Penenun dapat penghasilan, modiste dapat, penjahit dapat, transportasi dapat penghasilan, banyak pihak bakal merasakan dampak yang bagus andai tradisi kita banggakan, kita kenakan. Saya apresiasi langkah Bobby Nasution,” lanjut Idris.

“Kalau pakai tenun asli, lebih bagus. Akan menjaga tradisi. Langkah yang bagus. Karena banyak keuntungan kalau pakai tenunan asli. Tiap daerah punya tenun masing-masing,” pungkasnya.

Langkah Bobby Nasution soal tradisi ini sejak awal telah dibuktikannya. Pada peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2021 lalu, Bobby Nasution tampil ke publik dengan pakaian adat Toba.

Itu merupakan simbol bahwa Bobby Nasution merupakan wali kota yang mengabdi dan bekerja untuk seluruh lapisan, seluruh kelompok dan golongan.

“Mencerminkan Bhineka Tunggal Ika yang beragam namun memiliki rasa kebersamaan yang tinggi. Saya sebagai Kepala Badan Kebudayaan (BKN) Sumut menyatakan, Bobby memang seorang nasionalis sejati, sebagai etnik Mandailing memakai pakaian Toba, menunjukkan sikap bahwa di Sumut, etnik itu adalah milik bersama,” puji Kepala BKN Sumut Idris Pasaribu saat itu.

 

(Mk/sdf)

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Keren! Anak Medan Dilantik Jadi Kepala Ombudsman RI Jakarta Raya

4 Juli 2022 - 20:16 WIB

Tahu Lebih Banyak Tentang Niesya Harahap, si Cantik yang Ternyata…

31 Mei 2022 - 13:06 WIB

Mantan Kiper Legendaris PSMS Nyambi Jadi Barista

19 Mei 2022 - 13:31 WIB

Aprisa Putri, Siswi SMANSA Sukses Raih Beasiswa di Amerika

15 Mei 2022 - 21:10 WIB

Kaum Ibu di Batu Bara Dilatih Membatik Mangrove oleh PT Inalum

26 April 2022 - 14:04 WIB

Rayakan Hari Nelayan Nasional, INALUM Bantu Nelayan di Kabupaten Batubara

8 April 2022 - 08:19 WIB

Trending di Inspirasi