Menu

Mode Gelap

Sumut · 11 Mei 2021 16:48 WIB

Dalam Lima Tahun, Inalum Telah Tanam Sebanyak 500.000 Pohon di Sekitar Danau Toba


					Bendungan Sigura-gura milik PT Inalum Perbesar

Bendungan Sigura-gura milik PT Inalum

Medankinian.com, Toba-  PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum menunjukkan kepeduliannya terhadap pelestarian alam khususnya Danau Toba.

Hal ini terlihat dari komitmen Inalum sejak tahun 2015 hingga 2020 yang telah melakukan penghijauan terhadap sekitar 1.000 hektar lahan di sekitar Danau Toba. Terlebih Danau Toba merupakan destinasi wisata kelas satu dan masuk prioritas utama pembenahan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif nasional.

Direktur Pelaksana Inalum, Sophia I. Watimena mengatakan bahwa sebagai BUMN yang beroperasi di dekat Danau Toba, Inalum sangat peduli dengan kelestarian Danau Toba. Dan Inalum tentunya berkomitmen untuk ikut andil dalam usaha untuk penghijauan di sekitar Danau Toba, khususnya di Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau toba.

“Inalum sejak tahun 2015 hingga 2020 telah melakukan penghijauan terhadap sekitar 1.000 hektar lahan di sekitar Danau Toba. Penghijauan ini dilakukan dengan menanam sekitar 500.000 pohon di tujuh Kabupaten sekitar Danau Toba,” tutur Sophia.

Lebih lanjut, Sophia menambahkan bahwa penghijauan tersebut, Inalum senantiasa secara aktif melibatkan stakeholder sekitar Danau Toba untuk ikut berperan dalam penghijauan Danau Toba.

“Inalum secara aktif mengajak instansi di sekitar Danau Toba untuk bersinergi melakukan penghijauan di sekitar Danau Toba, PJT-1, Inhutani, Kodam I Bukit Barisan, Poldasu dan lain-lain kami ajak untuk bersinergi dalam penghijauan Danau Toba ini,” tambah Sophia.

Deputi Sekretaris Perusahaan Inalum Mahyaruddin AR pada kesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan penghijauan Danau Toba ini, bukan hanya menanam pohon, Inalum juga melaksanakan berbagai upaya lain untuk penghijauan Danau Toba.

“Selain penanaman pohon, Inalum pada tahun 2021 ini akan membuat sumur resapan dan biopori, budidaya tanaman endemik, pembuatan embung baru di luar DTA Danau Toba dan lain-lain guna menjaga kelestarian alam Danau Toba,” terang Mahyaruddin.

Mahyaruddin menambahkan bahwa pada tahun 2021 ini juga, Inalum juga akan terus bersinergi dengan instansi terkait demi menjaga kelestarian alam Danau Toba.

“Inalum akan terus melakukan koordinasi intensif dengan seluruh stakeholder untuk penghijauan Danau Toba, khususnya dengan tujuh Kabupaten yang berada di sekitar Danau Toba yaitu Humbang Hasundutan, Dairi, Samosir, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Simalungun dan Karo,” beber Mahyaruddin.

(mk/sdf)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pj. Bupati Langkat Sambut Tim Evaluasi PTP2WKSS di Suka Makmur

19 Juli 2024 - 19:20 WIB

Faisal Hasrimy Berhasil Kendalikan Inflasi di Kabupaten Langkat

19 Juli 2024 - 18:21 WIB

Faisal Hasrimy Resmikan Klaster Budidaya Udang Vaname Intensif

19 Juli 2024 - 09:23 WIB

Pj. Bupati Langkat Beri Penghargaan Kecamatan & Kelurahan Terbaik 2024

15 Juli 2024 - 18:49 WIB

Dhaka Transindo, Sediakan Rental Mobil hingga Jet Pribadi se-Indonesia

15 Juli 2024 - 17:47 WIB

Faisal Hasrimy Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2024

15 Juli 2024 - 17:46 WIB

Trending di Sumut