Menu

Mode Gelap

Gaya Hidup · 15 Jan 2021 12:37 WIB

Asal Mula Orang Medan Bilang Sepeda Motor itu Kereta


					Sepeda Motor di Medan disebut kereta Perbesar

Sepeda Motor di Medan disebut kereta

Medankinian.com, Medan- Warga Medan kompak menyebut sepeda motor sebagai ‘kereta’. Di Pulau Jawa, mayoritas pasti bakal mengartikan kereta sebagai kereta api. Tapi di Medan, kereta itu sepeda motor.

Ternyata istilah kereta sebagai sepeda motor di Kota Medan sekitarnya bahkan nyaris di seluruh daerah di Sumatera Utara baru populer sejak 1980-an. Sebelum tahun itu, warga Medan dan Sumatera Utara kebanyakan ternyata menyebut sepeda motor dengan sebutan Honda.

Ya, Honda. Sebagai merk produsen sepeda motor terkenal di tanah air, orang-orang selalu menyebut sepeda motornya dengan sebutan Honda. Walaupun sepeda motor yang digunakan merknya Yamaha, atau Suzuki atau merk lain.

Menurut penelitian ahli bahasa yang dikutip dari Balai Bahasa Sumut, istilah kereta dipopulerkan mahasiswa di kampus-kampus pada 1980-an. Tujuannya agar benar dalam menyebut nama benda bernama sepeda motor tersebut. Alih-alih memilih kata motor seperti di daerah lain di Indonesia, anak-anak muda Medan waktu itu memilih kata Kereta.

Ternyata ada filosopinya. Agar, pemilik sepeda motor tidak membanggakan ‘Honda’ yang dimilikinya walau bisa jadi ‘Honda-nya” itu bermerk Yamaha. Maka diambil istrilah kereta, yang masa itu lebih dikenal sebagai kereta lembu untuk membajak sawah, atau untuk kendaraan mayoritas masyarakat di Sumatera Utara.

Dengan menyebut ‘Honda’ yang masa itu tentu saja barang mewah menjadi ‘kereta’ maka, kebanggaan punya ‘Honda’ bisa diminimalisir. Sebuah tujuan mulai dari anak muda Medan waktu itu yang bertahan hingga sekarang.

(sdf)

Artikel ini telah dibaca 432 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Ngopi Malah Bikin Kamu Lemes? Mungkin Ini Penyebabnya

17 Februari 2024 - 20:36 WIB

5 Cara Yang Bikin Tidurnya Penderita Diabetes Lebih Nyaman

17 Februari 2024 - 16:44 WIB

Kecerdasan Emosional 5 Zodiak Yang Membuat Mereka Mudah Bahagia Dalam Hidup

5 Februari 2024 - 15:25 WIB

Langkah-Langkah Penting Dalam Membangun rumah Tangga Bahagia

3 Februari 2024 - 20:43 WIB

Resolusi Tepat Untuk Memulai Tahun Baru 2024

1 Januari 2024 - 21:16 WIB

Jumlah Air Putih Yang Harus Kita Minum Setiap Hari Ternyata Bukan 8 Gelas! Simak Disini Yuk

23 Agustus 2023 - 22:42 WIB

Trending di Gaya Hidup