Menu

Mode Gelap

Gaya Hidup · 20 Des 2020 08:43 WIB

XL Axiata Gelar Digirally Staycation  


					XL Axiata Gelar Digirally Staycation   Perbesar

Medankinian.com, Medan– Fiberisasi yang telah dilakukan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) untuk meningkatkan kapasitas jaringan data telah berhasil meningkatkan kualitas akses data di berbagai kota/kabupaten. Untuk kembali membuktikan hasil dari fiberisasi jaringan data tersebut, XL Axiata menggelar acara berlabel “Digirally Staycation 2020” yang dilaksanakan secara serentak pada 19-20 Desember 2020 di sejumlah kota besar, yaitu Medan, Bandung, Surabaya, dan Makassar.

Para penggiat media sosial atau yang biasa disebut sebagai key opinion leader (KOL) yang memiliki banyak follower kota-kota tersebut diundang secara khusus untuk membuktikan kualitas jaringan data XL Axiata hasil fiberisasi, baik dalam hal kecepatan akses maupun stabilitasnya.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, mengatakan, ”Hingga saat ini fiberisasi jaringan data masih terus kami perluas. Sampai saat ini, fiberisasi site telah mencapai sekitar 68% dari total BTS milik XL Axiata, atau mencapai lebih dari 236 kota/kabupaten. Melalui Digirally Staycation 2020, kami ingin menunjukkan hasil kerja keras upaya peningkatan kualitas jaringan tersebut, yang dikemas dan disesuaikan sedemikian rupa dengan tren gaya hidup digital yang saat ini banyak diminati masyarakat luas, terutama kaum milenial. Pada acara ini para KOL akan bisa mencoba akses ke berbagai jenis layanan data, termasuk yang membutuhkan kapasitas besar seperti video streaming.”

Desy menambahkan, para peserta akan mendapatkan tantangan berupa bertanyaan dan mereka akan menjawab pertanyaan-pertanyaan melalui video streaming di aplikasi Youtube.

Selain itu ada juga games yang memanfaatkan platform media sosial lainnya seperti Spotify, Instagram, dan Netflix. Jenis tantangannya meliputi aktivitas digital untuk menguji kualitas jaringan setelah dilakukan fiberisasi. Semua jenis tantangan mengharuskan para KOL untuk mengakses layanan data dengan kapasitas besar seperti streaming, mengunduh, mengunggah, dan memainkan games.

Beberapa KOL yang diundang, di Medan ada Jenda Munthe @jendamclover dan Wilya Carlina @wilyalam, acara akan dilaksanakan dengan mengunjungi lokasi-lokasi menarik seperti Taman Alam Lumbini Brastagi, Farm House Brastagi, Alam Permai Puncak Gundaling, Jabu Caffe, Mikie Holiday, Warung Pecel & Wajik Peceran Brastagi, Pengrajin Kranjang Bambu Sibolangit, Restoran Kenanga dan Tropical Rooftop Medan.

Sementara itu di Bandung ada Kery Astina @keryastina dan Ayla Francine Ratag @aylafrcn , dengan mengunjungi lokasi-lokasi menarik seperti 3D Museum, : Kalpatree, Mercusuar Café, Skyline, Art Deco Luxury Hotel, Roti Gempol, Botyboots, Beehive, Bawean, Two Cents dan Cocorico . Di Surabaya ada Willy Sandi @willsandi dan Cia Hartono @cia.hartono, dengan mengunjungi lokasi-lokasi menarik seperti Balai pemuda Surabaya, SAS Mulyosari, Kenjeran Park Panti Ria / Mangrove, Bon Ami Dr Sutomo, regantris Hotel ( ARTOTEL ), Pecel Murni Bu Yuning, Pengrajin Tas Tanggulangin Sidoarjo, Spesial Belut Surabaya Cab Sidoarjo, Wisata Rasa Basuki Rahmad, Coffee TGC Basuki Rahmad dan Historica.

Lalu di Makassar ada Mbredets @tumming_abu dan Anggu Batary Muliyadi @anggubatary, dengan mengunjungi lokasi-lokasi menarik seperti Mesjid 99 Kubah, Coto Gagak, Rammang – Rammang, The Beachstone Café, Gammara Hotel, Nasi Kuning Riburane, Pengrajin Miniatur Pinisi & Rumah Adat Bugis, Popsa, Toko Unggul, Kopi Teori dan Cafe Numerica 29

Secara teknis, fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan Base Transceiver Station (BTS) melalui jalur fiber. Termasuk dalam proses ini adalah melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS, seperti antara lain mengganti perangkat yang selama ini memakai microwave menjadi perangkat fiber.

Program fiberisasi jaringan merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan jaringan 5G di masa depan. Sebagai teknologi jaringan tercanggih, 5G mampu menghadirkan kecepatan data yang tinggi, jumlah pemakai yang lebih banyak, dan delay atau latency yang rendah. Keunggulan teknologi ini hanya bisa didapatkan jika site atau BTS terkoneksi dengan jaringan fiber. XL Axiata telah melaksanakan program ini secara masif di seluruh wilayah Indonesia dalam tiga tahun terakhir.

(MK/sdf)

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Stand Dekranasda Kota Medan Ramai Dikunjungi, Bangga Produk Buatan Indonesia

22 September 2022 - 13:22 WIB

Pameran Kriyanusa 2022 Diharapkan Semakin Majukan Pengrajin Medan

22 September 2022 - 13:19 WIB

Ketua PDGI Medan: Kami Siap Berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Medan

30 Agustus 2022 - 08:50 WIB

Viki Sianipar Siapkan Konser di Medan Sekelas Konser Coldplay

16 Agustus 2022 - 07:26 WIB

Inilah 8 Tips dan Langkah Cegah Stunting ala BKKBN

4 Juli 2022 - 12:35 WIB

Beli Rumah di Usia 20-an? Streamer Satu Ini Membeberkan Bagaimana Caranya!

10 Juni 2022 - 17:11 WIB

Trending di Gaya Hidup